Soal Galian C di Kota Lekat, Komisi III DPRD BU Sarankan Negosiasi

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Utara meminta PT RMG membuka ruang dialog dengan warga yang protes terkait tambang galian C di Desa Kota Lekat, Hulu Palik, Bengkulu Utara.

Rekomendasi itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat atau hearing yang diselenggarakan pada Rabu (1/7/2020) di ruang rapat komisi III. Rapat dipimpin Ketua Komisi III Hasdiansyah.

Direktur PT RMG Iwan, usai hearing, menyampaikan pihaknya siap menampung aspirasi serta melakukan pendekatan terhadap warga yang punya lahan dan terkena dampak serta kekhawatiran masyarakat di sekitar lokasi galian C milik PT RMG itu.

“Iya kami siap menampung aspirasi dan keluhan warga, dengan melakukan pendekatan sosial. Perusahaan akan sesegera mungkin melakukan musyawarah dengan warga yang khawatir akan dampak lingkungan terhadap lahan mereka yang berada di sekitar galian C,” kata Iwan.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD, Hasdiansyah mengatakan, dengan adanya niat baik perusahaan untuk bernegosiasi tersebut, diharapkan ada kesepakatan dengan warga sehingga persoalan dapat terselesaikan dengan baik.

Lanjut Hasdiansyah, Komisi III DPRD BU hanya sebatas memfasilitasi sebagai tindak lanjut atau respon atas laporan dan keluhan masyarakat terhadap aktivitas PT RMG.

Untuk itu lah dia menganjurkan agar para pihak bisa bermusyawarah agar ada solusi atas permasalahan ini.

“Jangan sampai tidak jelas ujung pangkalnya apalagi sampai ke jalur hukum,” tegasnya.


Pewarta: MS. Firman/ADV