Hari Masyarakat Adat Se-Dunia, AMAN BENGKULU Utus 40 Delegasi


BENGKULU, sahabatrakyat.com Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aliansi Masyarakat Adat (AMAN) Bengkulu memastikan diri berpartisipasi dalam puncak peringatan Hari Masyarakat Adat Se-Dunia yang akan dipusatkan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
Kepastian itu ditandai dengan telah dilepasnya 40 peserta sebagai delegasi Bengkulu pada Kamis (7/8/2019). Mereka terdiri atas lima pimpinan daerah AMAN yang menaungi 21 komunitas masyarakat adat di wilayah Provinsi Bengkulu.
Pada acara yang akan berlangsung dari tanggal 9 – 11 Agustus 2019 itu Bengkulu setidaknya akan menampilkan dua budaya khas, yakni lemea sebagai kuliner masyarakat adat Rejang dan pencak dari masyarakat adat Serawai.
Selain itu seluruh peserta juga membawa pakaian adat sesuai dengan pakaian adat komunitas masing-masing.
Juan Antonio, salah satu panitia berharap dengan diikutkannya peserta dari seluruh komintas masyarakat adat yang tergabung dalam PW AMAN Bengkulu ini bisa meneguhkan tekad dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat adat di komunitas masing-masing.
Senada Ketua Bidang OKK PD AMAN Tanah Rejang Sukamdani berharap dengan mengikuti kegiatan ini kiranya bisa mempererat silaturrahmi dengan komunitas-kominitas adat seluruh Indonesia dan internasional.
“Ini juga kesempatan membuka akses jaringan masyarakat adat yang tergabung dalam DPW AMAN Bengkulu dengan masyarakt adat seluruh Indonesia dan komunitas adat dari luar negeri agar ke depan bisa lebih memperkuat basis perjuangan masyarakat adat dalam membela hak-hak masyarakat adat atau hak ulayat-nya,” kata Sukamdani.


Editor: Jean Freire