Sambutan
Sambutan Deputi Gubernur Bl, Dody Budi Waluyo/ist

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Darjana resmi dikukuhkan menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu menggantikan pejabat lama, Joni Marsius yang saat ini telah dialihtugaskan menjadi Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan.

Upacara pengukuhan ini merupakan rangkaian kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pemimpin Satuan Kerja Bank Indonesia yang telah dilaksanakan pada 5 September 2022 di Bengkulu.

Pengukuhan dilaksanakan di Hotel Mercure Bengkulu pada tanggal 9 November 2022 oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo. Prosesi pengukuhan ditandai dengan Penyerahan Petikan Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Susi Marleny Bachsin, Koordinator Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Perbankan serta Pimpinan Mitra Strategis Bank Indonesia di Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu.

Deputi Gubernur Bl, Dody Budi Waluyo menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Joni Marsius atas kinerja baik serta prestasi yang telah diraih semasa menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu selama 3 tahun, mulai dari tahun 2019 hingga pertengahan tahun 2022.

Ucapan selamat juga diberikan kepada Darjana yang mengemban amanah baru sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu. Kedepam, Pak Dody berharap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu dapat terus menjaga sinergi dengan pemerintah serta mitra strategis lainnya guna menjaga mandat Bank Indonesia di tengah tantangan perekonomian saat ini.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Joni Marsius karena selama menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, telah menjalin silaturahmi, sinergi dan kolaborasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Saya mengucapkan selamat dan ucapan terimakasih untuk Bapak Joni Marsius atas kerjasamanya selama 3 tahun ini, akhirnya kita dapat melepas Pak Joni dengan kenangan yang manis dan menyenangkan, selamat bertugas di tempat baru,”ucapnya.

Sinergi dan kolaborasi tersebut telah mampu menjaga kestabilan inflasi di daerah yang ditandai dengan keberhasilan Tim Pengendalian lnflasi Daerah (TPID) Provinsi Bengkulu menjadi Tim TPID Terbaik Regional Sumatera pada tahun 2021.

Dalam kesempatan ini juga, Gubernur Bengkulu mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Darjana sebagai Kepala Pervvakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang baru.

“Saya mengucapkan selamat atas pengukuhan Bapak Darjana selaku Kepala
Pervvakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang baru” pungkas Gubernur Bengkulu.

Lebih lanjut Gubernur Bengkulu turut mengapresiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu sebagai fasilitator dalam mendorong investasi Provinsi Bengkulu melalui acara Bencoolen Regional Investment and Economic Forum 2022.

Darjana lahir di Bandung pada tahun 1968 dan menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Teknik lndustri – lnstitut Teknologi Bandung pada tahun 1994 serta mendapatkan gelar Master di Bidang Economics Policy Management dari University of Illinois pada tahun 2003.

Darjana mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1998. Sebelum menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Pervvakilan Bl Tasikmalaya.

Pada tahun 2016-2017, Darjana sempat menjabat di International Monetary Fund (IMF) Indonesia Representative Office. Selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang baru, Darjana akan terus melanjutkan sinergitas bersama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu serta mirta strategis lainnya guna menjaga kestabilan ekonomi Provinsi Bengkulu di sisi makro dan juga mikro. (rls)