ASIDEWI: Penggerak Tumbuh Kembang Desa Wisata

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com-
ASOSIASI Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Kabupaten Bengkulu Utara ikut serta menghadiri sosialisasi ASIDEWI dan Rapat Koordinasi Pengurus ASIDEWI Provinsi, kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu sekaligus melaunching objek wisata Air Terjun Teluntung di Desa Rena Kandis Kecamatan Pagar jati Kabupaten Bengkulu Tengah, Sabtu (31/1/2021).

Dalam sambutanya Ketua ASIDEWI Provinsi Bengkulu Suimi Fales SH MH menyampaikan, ASIDEWI ini merupakan organisasi non pemerintah yang dibentuk dengan tujuan menjadikan kearifan lokal menuju desa wisata, dimana ASIDEWI aktif menginisiasi terbentuk dan berkembangnya desa-desa menjadi destinasi wisata unggulan.

“Kita ingin wisata desa menjadi bagian penopang bangkitnya kearifan lokal menuju desa wisata bermartabat,” tutur Suimi Fales.

Terpisah Ketua ASIDEWI Bengkulu Utara, Teti Herawati, S.Ikom saat dikonfirmasi usai menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, “Kepedulian kita semua dan peran serta pengurus ASIDEWI sebagai penggerak dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya objek wisata desa agar terwujudnya sapta pesona di wilayah kabupaten/kota Provinsi Bengkulu.”

“Upaya mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat dan mewujudkan penguatan ekonomi di sektor kepariwisataan merupakan inovasi yang akan dikembangkan, seperti yang disampaikan Ketua ASIDEWI Kabupaten Bengkulu Tengah mengusung konsep wisata agrowisata pertanian dan edukasi”.

Lanjut Teti, sebuah sinergitas dan koordinasi yang progresif mengenai pengembangan desa wisata, agar apa yang diperjuangkan bisa membuahkan hasil, karena desa wisata diakui oleh Nasional.

“Kita akan melakukan pengembangan kepariwisataan berdasarkan potensi lokal dan kreatifitas yang dimiliki oleh masing-masing desa yang ada di wilayah kabupaten/kota provinsi Bengkulu,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pengurus Asidewi Kabupaten/Kota, Anggota DPRD Kabupaten Benteng, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Benteng, Kepala Dinas PMD Provinsi, Kepala Dinas PMD Benteng, Camat Pagar Jati, Kades Rena Kandis, Babinsa serta tamu undangan lainnya.


Pewarta: MS FIRMAN