Awal Agustus, Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Belirang Rejang Lebong

Desa Belirang Kecamatan Sindang Kelingi Terus bersiap menyambut kedatangan Menparekraf

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Perjuangan Desa Belitar Seberang (Belirang), Kecamatan Sidang Kelingi membawa harum nama Provinsi Bengkulu dan khususnya Kabupaten Rejang Lebong pasca masuk dan ditetapkan dalam 50 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 masih terus berlanjut.

Diketahui Desa Belirang saat ini tengah bersiap menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno beserta 50 orang tim Kementerian tersebut yang akan melihat dan melakukan penilaian langsung ke desa wisata Belirang.

Sebagaimana diketahui Desa Belitar Seberang menjadi satu-satunya desa wisata di Provinsi Bengkulu yang berhasil menembus 50 besar penilaian ADWI 2022, dengan wisata unggulan berupa air terjun Tri Saksi yang memiliki ketinggian 86 meter.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M. Budiarto saat ditemui di kantornya, Kamis (28/07/2022), mengatakan Menteri Sandi akan tiba di Rejang Lebong berdasar jadwal diperkirakan pada 2 Agustus 2022 berikut 50 orang Tim. Hanya saja untuk kepastiannya pihak Provinsi Bengkulu maupun Rejang Lebong masih menunggu rundown acara resmi dari Kementerian.

“Kita masih menunggu juga kepastiannya, karena kita belum pegang rundwon acara pak Menteri selama ini, kalau jadwal yang beredar sebelumnya itu tanggal 2 Agustus, nanti kalau sudah ada rundown acaranya kami kasih tahu,” kata Budiarto.

Selama berada di Rejang Lebong, menurut Budiarto, Menteri Sandiaga Salahuddin Uno tidak memiliki agenda lain selain mendatangi dan melihat langsung lokasi desa wisata Belirang serta air terjun Tri Sakti. “Informasi yang kami terima kedatangan beliau di Rejang Lebong cukup singkat, dan tidak memiliki agenda lain selain mendatangi Belirang,” kata mantan Kalak BPBD Rejang Lebong ini.

Dilanjutkan Budiarto, rute perjalanan Sandiaga Salahuddin Uno ke Rejang Lebong estimasi awal itu dari Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, kemudian langsung menuju Desa Belirang dan air terjuan Tri Saksi. Setelah itu langsung menuju Kota Bengkulu untuk menyaksikan Festifal Tabut 2022.

“Kalau estimasi awal datangnya bukan dari Kota Bengkulu tapi dari Kota Lubuk Linggau, kemudian ke lokasi selanjutnya dihari itu juga langsung ke Kota Bengkulu. Kalau ada perubahan dari itu kita belum tahu,” lanjutnya.

Terkait kunjungan Menteri Sandiaga Salahuddin Uno disampaikan pula oleh Budiarto pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak PemProv Bengkulu guna melakukan penyambutan dan pendampingan selama kedatangan Menparekraf beserta rombongan tim termasuk tim penilai ke Desa Belirang guna melakukan penilaian untuk 7 kategori yakni daya tarik wisata, kelembagaan, CHSB, toilet dan lain-lain.

“Segala persiapan terus kita lakukan, di desa sendiri saat ini terus melakukan pemantapan, kemudian di tingkat provinsi kita juga sudah melakukan rapat koordinasi lintas sektor guna penyambutan dan pendampingan selama pak Menteri berada di Rejang Lebong, kita doakan saja semua berjalan lancar dan Desa Belirang kembali mendapatkan penghargaan dari 7 kategori yang akan dilakukan penilaian nanti,”akhirnya. (brn)