BB Jadi 227 Batang, Bekas Anggota Polri di Rejang Lebong Sudah Setahun Tanam Ganja

Polres Rejang Lebong saat jumpa pers terkait pengungkapan penyalahgunaan narkotika dengan tersangka AYH/Foto: brn-sahabatrakyat.com

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Paska diamankan oleh Tim Gabungan Polres Rejang Lebong, Rabu (13/10/2021), AYH (40 tahun) warga Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah terus menjalani penyidikan di Sat Resnarkoba Polres Rejang Lebong.

Informasi terbaru terkait AYH saat ini sudah resmi ditahan dan kemudian diketahui pula jika AYH selain menanam narkotika jenis ganja juga diketahui sebagai penjual dan pemakai narkoba jenis ganja dan sabu.

Selain itu diketahui pula, berdasar keterangan Kapolres AKBP. Puji Prayitno melalui Kasat Resnarkoba IPTU. Susilo, Kamis (14/10/2021) jika AYH sudah menanam ratusan batang ganja di dalam polybag tersebut sejak satu tahun belakangan. Bahkan, uniknya lagi, perbuatan tersebut sengaja dilakukan oleh AYH.

“Menanam ganja di dalam polybag diaku pelaku sudah dilakukannya sejak satu tahun belakangan, perbuatan tersebut dilakukan dengan sengaja, dan dipilihnya polybag serta di atas bangunan ruko sebagai lokasi lantaran pelaku tidak memiliki lahan lainnya,”jelas Susilo.

Selain menanam, AYH juga diketahui sudah memasarkan hasil tanamannya tersebut kepada konsumen yang memesan kepadanya, ganja kering siap pakai dijual oleh AYH dengan berbagai variasi, disebutkan Susilo mulai dari harga Rp 50, 100 hingga 150 ribu sangat tergantung dengan keinginan pemesan.

“Selain menanam, dari pengakuan pelaku ini juga sudah menjual, paketan-paketan yang dijual pelaku variasi harganya sangat tergantung permintaan konsumennya,”ungkap Susilo.

Dalam keterangannya di hadapan wartawan kemarin, Susilo juga menyebutkan adanya perubahan jumlah barang bukti yang diamankan di rumah AYH, dimana untuk jumlah polybag yang sebelumnya berjumlah 160 ternyata ada sebanyak 171 polybag dengan jumlah total tanaman ganja kecil di dalamnya ada sebanyak 227 tanaman.

Selain itu diamankan juga sejumlah uang tunai yang diduga hasil penjualan ganja, kemudian ada pula handphone serta sejumlah barang bukti lainnya.

“Untuk jumlah batang ganja kecil yang kita amankan setelah dihitung jumlahnya ada sebanyak 227 batang, kemudian jumlah polybag-nya ada 171, kemudian untuk paketannya ada sebanyak 43 paket kecil dan 18 paket sedang, ada pula 1 bungkus pipet platik, kemudian 1 set alat hisap sabu (bong) dan ada pula buku agenda warga biru yang berisikian catatan tentang tatacara atau panduan menanam ganja,” sampainya.

Atas perbuatannya tersebut AYH oleh penyidik Sat Resnarkoba Polres Rejang Lebong dijerat dengan Pasal 114 dan 111 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.(brn)