Berapa Harta Kekayaan Cagub-Cawagub Bengkulu di Pilkada 2020?

KPK umumkan harta kekayaan paslon gubernur dan wakil gubernur Bengkulu di Pilkada 2020/Foto: intersisinews.com

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan hasil Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu di Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Berdasar pengumuman tersebut, calon gubernur dengan kekayaan terbesar adalah Agusrin M Najamudin, yakni Rp 33 milyar. Lalu, Helmi Hasan Rp 6,4 miliar dan Rohidin Mersyah Rp 3,1 miliar.

Sedangkan untuk calon wakil gubernur, paling banyak hartanya Muslihan DS Rp 19 miliar, Rosjonsyah Rp 3,5 miliar, dan Imron Rosyadi Rp 2 miliar.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra mengatakan, harta kekayaan dari para calon Gubernur dan Wakil Gubernur ini secara khusus akan disampaikan kepada publik. Bahkan KPU akan merilis daftar harta kekayaan ini melalui website KPU dan tempat-tempat lainnya.

“Masyarakat Bengkulu bisa melihat seluruh harta kekayaan para calon kepala daerah dan wakilnya. Apalagi penyampaian harta kekayaan ini menjadi salah satu syarat pencalonan,” ujarnya disela-sela pembekalan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Kamis (12/11/2020).

Sementara dalam kesempatan itu, Pimpinan KPK RI, Nurul Gufron mengingatkan, agar paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah tidak melakukan praktik transaksional. Apalagi sengaja dilakukan demi meraih kemenangan. Mengingat dengan melakukan praktik transaksional itu, berpotensi terjadinya benturan dalam pendanaan Pilkada.

“Potensi itu harus dihindari. Kita juga meminta ketegasan dan komitmen dari rekan-rekan penyelenggara, untuk berperan dalam mencegah terjadinya pelanggaran yang mengarah pada praktik transaksional,” tegasnya.

Di bagian lain, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah, menyampaikan, pembekalan yang diberikan pada paslon Kada dan Wakil Kada, merupakan proses dalam melahirkan pemimpin yang berkualitas.

“Selama prosesnya berjalan baik, diharapkan dapat melahirkan yang baik,” demikian Dedy.


Sumber: RRI Bengkulu (rri.co.id)