Bikin Disinfektan Sendiri, PMKRI Bengkulu Lawan COVID-19

Aktivis PMKRI Bengkulu ikut perangi wabah corona

BENGKULU, sahabatrakyat.com Severe acute respiratory sindrome coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan virus corona adalah jenis baru coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada Desember 2019 dan dengan cepat menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Gejala infeksi virus corona adalah berupa demam tinggi, batuk, serta sesak nafas dan gejala ini muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus corona.

Baru-baru ini, Provinsi Bengkulu juga terkena dampaknya. Provinsi Bengkulu menjadi provinsi ke-32 yang ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus Corona.

Hal ini memang sangat disayangkan. Bagi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Bengkulu ini salah satu akibat dari kelalaian Pemprov yang cenderung lalai dan kurang serius menanganinya.

Sebagai organisasi pergerakan, PMKRI Bengkulu turut ambil bagian dalam upaya pencegahan pandemi virus Corona yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan yang harapannya dapat membantu masyarakat dalam proses pencegahan penyebaran virus corona.

“Kita harus berupaya semaksimal mungkin melakukan tindakan nyata dalam upaya membantu pemerintah menekan penyebaran virus ini daripada sekedar berdebat atas kelalaian Pemprov,” ujar Presidium Gerakan Kemasyarakatan PMKRI Cabang Bengkulu,
Putri Ayu Pandiangan dalam rilisnya ke sahabatrakyat.com

Beberapa kegiatan yang dilakukan PMKRI sendiri adalah tutorial pembuatan desinfektan, penyemprotan desinfektan ke kost-kost anggota dan penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah warga dan sarana ibadah yang ada di Kelurahan Beringin Raya, Kota Bengkulu yang berlangsung pada 31 Maret-1 April 2020.

Putri Ayu Pandiangan mengatakan, kegiatan bersama RT setempat ini merupakan salah satu bentuk kampanye untuk mengajak masyarakat melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Ini juga untuk mengajak masyarakat untuk membuat dan memyemprot desinfektan sendiri di rumah.

“Kami sendiri belajar dari tutorial yang ada di youtube dan berkonsultasi dengan dinas terkait tentang cara membuat disinfektan. Setelah itu baru kami buat sendiri. Nah, cara bikin disinfektan secara mandiri ini juga yang kami mau bagikan,” katanya.

Ketua Presidium PMKRI Bengkulu, Surya I H Sinabutar, menambahkan
pemerintah sudah mengambil beberapa tindakan serius untuk memutus penyebaran virus ini.

“Namun kita juga harus ikut ambil andil dalam memutus penyebaran virus ini, yakni selain dengan tinggal di rumah saja, kita juga harus teratur setiap hari untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke permukaan benda-benda atau tempat-tempat yang sering dilalui dan disentuh agar selalu steril dan bersih,” imbuhnya.

Surya menandaskan, pembuatan disinfektan juga tidak terlalu sulit karena cairan yang mengandung disinfektan mudah didapat pada cairan pembersih kamar mandi. “Semoga dengan langkah sederhana ini kita bisa dengan segera memutus mata rantai penyebaran CoViD-19,” kata Surya. (Rls)


Editor: Jean Freire