Bimex Harus Berbenah dan Berkontribusi Bagi Daerah

Rapat Optimalisasi Sinergi PD Bimex Dengan Mitra Kerja, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (23/12/2020)/Foto: Ist

BENGKULU, sahabatrakyat.com– PD Bimex sebagai BUMD Pemprov Bengkulu diminta terus mampu memberikan kontribusi terbaik bagi daerah, baik dari sisi sebagai salah satu sumber PAD maupun dari sisi sebagai pemberi peluang kesempatan kerja.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani usai pimpin Rapat Optimalisasi Sinergi PD Bimex Dengan Mitra Kerja, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (23/12).

Dikatakan Yuliswani, dari pertemuan bersama beberapa OPD teknis, beberapa perusahaan, Asosiasi Pengusaha Batubara Bengkulu (APBN) anak perusahaan PT Pelindo II Bengkulu, disimpulkan bahwa PD Bimex harus melakukan penguatan pada beberapa penunjang perusahaan.

Kata Yuliswani, ada 2 hal penting yang harus menjadi perhatian PD Bimex sehingga bisa berkontribusi aktif terhadap mendukung kemajuan Bengkulu, yaitu terkait kejelasan badan hukum dan fokus bidang bisnis yang akan dikembangkan.

“Yang pertama badan hukum PD Bimex harus segera diselesaikan supaya mereka bergeraknya lebih mudah dan leluasa dan yang kedua terhadap bisnis-bisnis yang akan dilakukan, ini tadi sudah dikoordinasikan dengan masing-masing pihak calon investor,” terang Yuliswani.

Selain itu, dalam perjalanannya jika PD Bimex memerlukan fasilitasi dari Pemda, disampaikan Yuliswani, Pemprov Bengkulu siap melakukan pendampingan.

“Nantinya kalau perlu pendampingan, OPD teknis akan memfasilitasi dari PD Bimex ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur PD Bimex Bengkulu Frentindo menyatakan, pihaknya akan terus melakukan optimalisasi diberbagai aspek. Sehingga bisa semakin fokus terhadap apa yang dilaksanakan, untuk pengembangan usaha.

“Kami usahakan untuk terus memproses agar banyak investor yang masuk. Dan juga PD Bimex akan berikan PAD kami untuk salurkan kepada daerah. Untuk bisnis, kami berusaha bekerjasama dengan bulog dan juga pihak pelabuhan,” katanya.


Pewarta: Sumitra Naibaho