Desa Talang Leak I Sambut Ramadhan dengan Pawai Obor

Pawai Obor keliling desa di Desa Talang Liak, Kecamatan Bingin Kuning, Lebong

LEBONG, sahabatrakyat.com– Ketika Ramadan tiba, hampir semua umat muslim di seluruh dunia menyambutnya dengan suka cita. Tidak terkecuali di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan tradisinya. Karena setiap daerah pasti mempunyai adat istiadat yang beraneka ragam dengan ciri khas masing-masing.

Seperti masyarakat Desa Talang Leak 1, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong yang juga punya tradisi menyambut bulan suci Ramadhan dengan pawai obor keliling. Tradisi yang sempat hilang ini kembali digelar menyambut Ramadhan 1442 H, Senin (12/4/2021) malam.

Sejumlah anak tampak mengikuti pawai obor perdana yang dipelopori oleh Ikatan Remaja Karang Taruna Talang Leak 1. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Daruslan Efendi.

“Saya apresiasi kegiatan karang taruna ini, sehingga masyarakat sangat antusias ikut andil, serta kebahagiaan terpancar dari anak-anak yang mengikuti pawai obor ini,” ucapnya.

Antusiasme anak anak dan warga terlihat saat mengikuti pawai obor. Tak hanya anak-anak, pemuda-pemudi serta orang dewasa hingga ibu rumah tangga pun tak mau ketinggalan ikut dalam acara pawai obor keliling kampung.

Selain pawai obor, diiringi sholawat “Sholatullah shollamullah” yang dipandu langsung oleh Aan Adedo selaku pemandu sholawat sehingga pawai makin meriah.

Ketua Karang Taruna Desa Talang Liak I Tance Putra berharap bulan yang penuh berkah ini berasa berbeda walaupun dalam masa pandemi Covid-19.

“Biar bulan suci tahun ini terasa ramai walaupun keadaan global sedang terpuruk, jadi kami selaku karang taruna dan teman- teman berinisiatif memeriahkan malam yang penuh rahmat ini dengan pawai obor keliling desa saja,” katanya.

“Kalau kami lihat anak anak sangat bahagia dengan diadakannya pawai obor keliling serta sholatwatan ini. InsyaAllah akhir bulan puasa menjelang Idul Fitri kita adakan pawai obor kembali sebagai penutup,” pungkasnya


Pewarta: Sumitra Naibaho