Dilarang Masuk Area Tambang, Komisi III Panggil Pimpinan PT PMN

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Sejumlah Anggota Komisi III bersama Wakil Ketua II DPRD Bengkulu Utara, Selasa (2/8/2022), menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke PT Putra Maga Nanditama (PMN) yang berlokasi di Desa Gunung Selan, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

Hanya saja, sidak DPRD BU yang bermaksud memastikan laporan aset Pemerintah Daerah Bengkulu Utara yang hilang di area tersebut sekaligus hendak melihat secara langsung aktivitas pertambangan di sana, tidak diperkenankan masuk ke lokasi.

Ketua Komisi III DPRD BU, Pitra Martin, mengatakan atas tidak diperkenankannya rombongan DPRD BU memasuki lokasi, pihaknya terpaksa melayangkan nota dinas ke pimpinan Dewan untuk memanggil unsur pimpinan PT. PMN untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“Hal tidak diperkenankan masuk ini menjadi latar belakang kita untuk memanggil unsur pimpinan PT. PMN akan adanya RDP ini, kita akan pertanyakan hilangnya aset Bengkulu Utara di lokasi tersebut,” tegasnya.

 

Pitra menjelaskan, kedatangan rombongan DPRD BU itu adalah dalam rangka menunaikan tugas sebagaimana surat perintah tugas pimpinan DPRD BU. “Kami melakukan jangkauan sepanjang kewenangan yang kami miliki,” imbuhnya.

Terkait sikap PT. PMN yang tidak mengizinkan sejumlah anggota DPRD BU masuk ke lokasi dalam melaksanakan tugas, Staf Administrasi PT PMN, Bela mengatakan alasannya karena belum ada janji sebelumnya.

“Kalau tidak, buat janji dahulu, biar kita sampaikan, bapak Reza selaku penanggung jawab di sini lagi di luar kota,” jelas Bela. “Humas PT. PMN juga tidak berada di tempat,” singkat Bela.

Diketahui, sidak yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB itu diikuti Waka II Herlianto H, S.IP bersama sejumlah anggota Komisi III. Di antaranya Pitra Martin, Agus Riyadi, M.SI, Parmin, S.IP dan Noprizal. (ADV/MS Firman)