Diterjang Banjir, Lantai Ruko Jebol

Kondisi lantai ruko yang jebol setelah diterjang arus banjir/Foto: Thio-sahabatrakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebong beberapa hari ini memicu bencana banjir di sejumlah titik. Selain di Desa Kota Baru, Kecamatan Uram Jaya, banjir juga terjadi di Lebong Atas pada Senin sore (22/3/2021).

Di wilayah ini, tepatnya di Desa Tik Tebing, satu rumah rusak parah pada bagian lantai. Lantai rumah toko jebol diterjang air yang meluap dari aliran sungai Tik Tlew yang mengalir di samping rumah milik Dedi Harianto.

Air banjir yang menerobos masuk rumah toko itu juga menyapu dan membawa benda-benda berharga milik korban. Harta benda itu tak terselamatkan karena saat kejadian korban sedang tak di rumah.

Kepada sahabatrakyat.com, Dedi menuturkan peristiwa bah yang merusak rumahnya itu terjadi saat dirinya ikut bergotong-royong menyingkirkan potongan kayu yang menyumbat aliran air.

Baru sekitar 30 menit ia tinggalkan rumah, air yang terus meninggi hingga melampaui gorong-gorong di situ lalu meluap hingga 40 cm dan masuk ke ruko.

Air banjir sendiri berangsur surut sekitar pukul 19.00 WIB . Selain warga sekitar yang ikut membantu korban, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga turun ke lokasi.


Pewarta: Thio Heldo Suchen