Edarkan Upal dan Sabu, Dua Pria SBU Diringkus Polisi

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Anggota Polsek Padang Ulak Tanding (PUT) yang dipimpin oleh IPTU. Tomy Sahri selaku Kapolsek berhasil menangkap dua orang pelaku pengedar uang palsu (upal) di kawasan Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU). Tak hanya itu diketahui pula salah satu dari pelaku ternyata juga diduga kuat adalah seorang pengedar narkoba jenis sabu.

Menurut Kapolres AKBP. Puji Prayitno melalui Kapolsek PUT IPTU Tomy Sahri, ditangkapnya kedua pelaku tak lepas dari informasi masyarakat mengenai adanya peredaran upal di wilayah hukum Polsek PUT. Saat ini kedua pelaku sudah mendekam di sel tahanan Polsek PUT untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan menjalani proses hukum lebih lanjut.

“Awalnya ada pengaduan masyarakat kepada kita, kemudian kita tindaklanjuti dan berhasil mengamankan kedua pelaku,” terang Tomy.

Berdasar informasi masyarakat tersebut, lalu dilakukan penyelidikan lebih lanjut, hingga kemudian pada Sabtu (17/7/2021) sekitar pukul 01.00 WIB bersama anggotanya Kapolsek memperoleh informasi jika salah satu pengedar upal berinisial Ca alias Cen (31) warga Tanjung Agung SBU sedang berada di lokasi pesta di Desa Pengambang SBU. Tanpa menunggu lama pelaku langsung diamankan dan dibawa ke Polsek PUT.

“Dari keterangan pelaku Ca ini dibenarkannya jika dirinya mengedarkan uang palsu pecahan 100 ribu, dan uang tersebut didapatnya dari seseorang berinisial EM (40) warga Tanjung Agung SBU,”jelas Tomy.

Tanpa menunggu lama, anggota langsung menuju ke kediaman pelaku EM. Tanpa perlawanan EM berhasil diamankan, dan dari hasil penggeledahan di kediamannya anggota menemukan dan menyita sejumlah barang bukti yakni 2 lembar upal pecahan 100 ribu yang disimpan di dalam lemari kamar pelaku, serta ditemukan pula Narkoba jenis sabu yang terbungkus di dalam klip warna bening ukuran kecil dan sedang sebanyak 6 bungkus, 50 buah korek api gas, 4 buah alat hisap sabu (bong), 200 buah plastik klip warna bening, 8 buah kaca pirex alat bakar sabu.

“Ternyata selain kita berhasil mengamankan barang bukti upal, juga kita berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu dan barang bukti lainnya, diduga kuat pelaku adalah pengedar narkoba,”ungkap Tomy.

Saat ini kedua pelaku berikut barang bukti sudah diamankan di Polsek PUT untuk kepentingan penyidikan.(brn)