Giliran Oknum Guru Biologi SMA Terjerat Narkoba, Sempat Berusaha Kabur Saat Dihentikan Polisi

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Dunia pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong kembali tercoreng oleh ulah oknum PNS guru lantaran terjerat kasus narkoba. Jika sebelumnya oknum PNS guru SD kedapatan menanam ganja. Kali ini giliran PNS guru yang diketahui mengajar biologi di salah satu SLTA Rejang Lebong yang kedapatan membawa ganja kering siap pakai.

Adapun identitas sang guru dijelaskan oleh Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno melalui Kasat Narkoba IPTU Susilo berinisial PE (43 tahun)  beralamat di Jl Basuki Rahmat No.23 RT 001 Kel/Desa Datar Ruyung Kec. Arga Makmur Kab. Bengkulu Utara. PE diamankan sekitar pukul 01.00 WIB Kamis (22/4/2021) berikut barang bukti ganja kering siap pakai.

PE, oknum guru, yang ditangkap polisi gara-gara ganja

“Kamis dini hari tadi, Satnarkoba Polres Rejang Lebong berhasil mengamankan satu orang pelaku Narkoba di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau berikut barang buktinya 1 paket sedang ganja di bungkus kertas buku. Pelaku ini seorang PNS dan berprofesi sebagai guru di salah satu SMA di Rejang Lebong, saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan dan penyidik masih mendalami keterangan pelaku,” terang Susilo.

Lebih jauh dijelaskan oleh Susilo, penangkapan terhadap PE yang memang sudah lama menjadi incaran pihaknya tersebut bermula pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 22.30 WIB pihaknya mendapat informasi masyarakat jika di wilayah Selupu Rejang ada peredaran narkoba.

Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan informasi tersebut mengarah kepada ciri- ciri pelaku. Tanpa membuang waktu, sekitar pukul 01.00 WIB Kamis dini hari, pihaknya berusaha melakukan upaya pencegatan terhadap pelaku yang saat itu seorang diri mengendarai mobil jenis Toyota CALYA warna abu-abu metalik dengan nopol BD 1908 DF yang melintas dijalan lintas Curup-Lubuk Linggau.

Mobil yang digunakan PE

Namun saat dihentikan, pelaku berusaha kabur, menurut Susilo kejar-kejaran tak terhindarkan bahkan mobil yang dikendarai anggota Satnarkoba yang langsung dipimpin oleh Susilo selaku Kasat sempat ditabrak pelaku hingga rengsek di bagian samping kiri.

Tak mau buruan kabur lebih jauh, anggota Satnarkoba kemudian melepaskan tembakan peringatan,  namun hal tersebut belum cukup membuat pelaku menghentikan mobilnya, petugas kemudian menghentikan paksa usaha pelaku dengan menembak ban mobil pelaku. Alhasil setelah di kawasan Desa Dusun Baru petugas berhasil menghentikan pelaku.

“Pelaku ini mengendarai mobil melaju dari arah Lubuk Linggau menuju Curup, saat akan dihentikan pelaku berusaha kabur dan sempat menabrak mobil kami, setelah dilakukan pengejaran dan sempat melepaskan peringatan, barulah di kawasan Desa Dusun Baru kami berhasil menghentikan pelaku, selanjutnya pelaku langsung kita amankan ke Polres berikut barang bukti yang kita temukan,”tutur Susilo.

BB ganja

Berdasar pantauan di Polres Rejang Lebong, diketahui pula selain BB ganja kering siap pakai sebanyak 1 paket sedang, anggota Satnarkoba juga mengamankan mobil Calya yang dikendarai pelaku, kemudian STNK mobil serta 1 unit HP milik pelaku. Pelaku masih dalam pemeriksaan dan dihadapan penyidik sementara ini pelaku mengaku sudah lama menggunakan narkoba jenis ganja.(brn)