Guru Pertanyakan Tunjangan Non Sertifikasi Belum Cair Sejak Januari

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Guru non sertifikasi di Kabupaten Bengkulu Utara mempertanyakan tunjangan tambahan penghasilan guru non sertifikasi yang tak kunjung cair sejak Januaari 2021.

“Menurut keterangan dari seorang guru yang mempertanyakan kepada kepala sekolah, katanya belum ada uanganya, masih menunggu anggaran dari Pemda,” ungkap salah satu guru yang enggan disebut namanya kepada media ini melalui pesan WhatsApp belum lama ini.

“Ini masalahnya dimana? Apakah benar anggaran belum ada atau bagaimana? Tapi kalau dananya belum apakah mungkin tidak dianggarkan di APBD murni,” katanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. H. Agus Haryanto, SE, melalui WhatsApp mengatakan lagi diproses di perubahan anggaran APBD P. “Awal November,” ujarnya dengan singkat, Jumat (29/10/2021).

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, Drs Bambang Pramana Budi, M.Pd mengatakan proses tetap diupayakan. “Tunggu pengesahan APBD Perubahan,” kata bambang.

Apakah tidak dianggaran di APBD murni pak? Dan berapa jumlah guru yang menerima tunjangan non sertifikasi se-Kabupaten Bengkulu Utara? Bambang hanya mengatakan pergeseran, namun kepala dinas tidak memberikan jawaban.

Terpisah, Selamun Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bengkulu Utara mengatakan, akan mempertanyakan hal ini kenapa dan apa kendalanya belum dicairkan.

Bila tunjangan guru non sertifikasi pembayarannya per triwulan, sudah 3 kali mestinya diterima oleh para guru non sertifikasi, jelas selamun.

“Nanti akan kita pertanyakan ini ke dinas pendidikan, apa penyebabnya belum cair hingga saat ini,” tegas Selamun.


Pewarta: MS Firman