Hari Anti Korupsi, Presiden Jokowi Ingatkan Transparansi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengikuti Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020 scara daring, bertempat di Gedung Daerah Balai Raya Semarak, Rabu (16/12/2020).

Dari peringatan Hakordia dengan tema “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Anti Korupsi” ini Pemerintah Provinsi Bengkulu berkomitmen untuk menghindari korupsi pada setiap sendi pemerintahan di daerah ini.

“Kita tadi mendengar pengarahan Bapak Presiden untuk menghindari korupsi. Untuk itu pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Bengkulu siap untuk melaksanakan komitment anti korupsi ini. Berbagai langkah akan kita lakukan agar Bengkulu bebas dari korupsi. Dan alhamdulillah juga di tahun ini kejadian kasus korupsi di Bengkulu itu hampir tidak ada,” tutur Hamka.

Sementara itu, peringatan Hakordia dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam sambutannya presiden mengingatkan agar pendidikan anti korupsi perlu diperluas untuk melahirkan generasi masa depan yang anti korupsi.

Presiden menilai, mengembangkan budaya anti korupsi dan menumbuhkan rasa malu menikmati hasil korupsi merupakan hulu yang penting dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

Jokowi juga meminta semua lembaga pemerintah untuk meningkatkan transparansi dengan membangun sistem yang menutup peluang terjadinya tindak pidana korupsi.

“Transparansi ini adalah adalah kunci utama. Semua lembaga pemerintahan harus terus meningkatkan transparansi, meningkatkan akuntabilitas, melakukan penyederhanaan proses kerja dan proses pelayanan kepada masyarakat untuk meminimalisir peluang korupsi, sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tegas Jokowi.


Pewarta: Jean Freire/Rilis MC