Hari Lahir Pancasila, Karang Taruna Kabupaten Seluma Berkunjung ke Desa

SELUMA, sahabatrakyat.com– Memperingati hari lahirnya Pancasila, Ketua Karang Taruna Kabupaten Seluma Samsul Aswajar, S.Sos didampingi Sekretaris Firwan S. Alamsyah, S.S, Wakil Ketua Ade Nanda, S.E dan Ketua Biro Humas dan Publikasi Hengki Satrio berkunjung ke Desa Sukasari, Kecamatan Air Priukan, Selasa (01/06/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti informasi yang disampaikan oleh Karang Taruna Desa Sukasari terkait fungsi sungai yang tidak optimal dikarenakan terdapat tumbuhan eceng gondok yang memenuhi sungai tersebut dan menjadi salah satu penyebab banjir di saat musim hujan datang.

“Hari lahir Pancasila bukan cuma diperingati secara seremonial saja di kantor ataupun instansi, melainkan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari termasuk memaksimalkan peran dan fungsi kepemudaan terkhusus Karang Taruna untuk dapat bersama-sama mendorong percepatan pembangunan daerah, bisa seperti yang kita akan investigasi sekarang ini, yang mana hasilnya nanti akan kita ajukan untuk diadakan normalisasi sungai Sri Banggayo yang melalui Karang Taruna Desa didampingi Karang Taruna Kabupaten Seluma,” ujar Samsul Aswajar

Menurut Sekdes Agus Mustova, Sungai Sri Banggayo sudah 5 tahun terakhir ini belum dinormalisasi, ada sekitar 15 hektare sawah petani terancam tidak bisa bercocok tanam karena diakibatkan oleh sungai yang dipenuhi eceng gondok, setiap kali musim panen bisa menghasilkan sekitar 750 karung gabah kering.

Ketua Karang Taruna Desa Sukasari Yuda Hasti Cahya Ningrat membenarkan apa yang dikatakan oleh sekdes, selain untuk sektor pertanian juga bisa dimanfaatkan untuk budi daya ikan air tawar seperti lele, nila dll dan juga sektor wisata pemancingan alam.

“Proposal pengajuan nantinya akan disampaikan ke BWS Sumatra VII, dan kita berikan juga ke DPRD, Bupati, Dinas PUPR Kabupaten Seluma, untuk yang ke BWS Sumatra VII nanti akan disampaikan langsung oleh Karang Taruna Desa Sukasari langsung di dampingi oleh Karang Taruna Kabupaten Seluma,” tandasnya. (Rls)