Jadi Kurir Ganja, Pelajar SMK Diringkus

Tersangka kurir ganja yang masih berstatus pelajar. Insert: barang bukti/Foto: istimewa

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Kasus peredaran Narkoba di Kabupaten Rejang Lebong memang sudah sangat memprihatinkan. Ironisnya saat ini para pengedar narkoba sudah menyasar kalangan pelajar sebagai konsumen mereka. Seperti yang baru saja terjadi, dimana seorang pelajar berinisial M.AD (16 tahun) warga Curup Timur berhasil diringkus polisi lantaran menjadi kurir narkoba jenis ganja.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno melalui Kasat Resnarkoba IPTU Susilo menjelaskan, tersangka M.AD yang tercatat masih sebagai pelajar di salah satu SMK di Rejang Lebong itu terindikasi sudah lama menjalankan profesinya sebagai kurir narkoba jenis ganja dengan konsumen para pelajar yang ada di wilayah Curup.

M.AD diamankan dalam perjalanan di kawasan Gg. Saparu, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Curup Tengah saat akan mengantarkan pesanan ganja yang diambilnya dari salah satu bandar besar yang saat ini masih dalam buruan polisi.

“Tersangka M.AD kita amankan Jum’at (11/6/2021) sekitar pukul 00.45 WIB dini hari di kawasan Kelurahan Sidorejo Kecamatan Curup Tengah. Menurut pengakuan tersangka saat kita amankan, dia sedang akan mengantarkan pesanan ganja yang didapatnya dari salah satu bandar yang saat ini sedang kita buru,” jelas Susilo.

Terungkapnya identitas tersangka, diterangkan Susilo bermula sekitar pukul 23.00 WIB Kamis (10/6/2021) pihaknya menerima informasi dari warga jika ada transaksi narkoba di kawasan Kelurahan Sidorejo. Lalu informasi tersebut dikembangkan lebih lanjut sembari melakukan pengintaian.

Alhasil sekitar pukul 00.45 WIB Jum’at dini hari, usaha polisi membuahkan hasil. Tersangka M.AD muncul di lokasi.

Tanpa menunggu lama kemudian anggota Sat Resnarkoba langsung meringkus tersangka. Bersama tersangka juga diamankan sejumlah barang bukti satu paket sedang ganja kering yang dibungkus dengan kertas koran dan diletakkan di dalam kantong plastik hitam.

“Setelah kita mendapat kepastian mengenai tersangka langsung kita lakukan penangkapan, dan bersama tersangka saat kita amankan dilokasi juga didapatkan barang bukti satu paket ganja berukuran sedang, selanjutnya tersangka dan barang bukti langsung kita bawa ke Mapolres Rejang Lebong,” terangnya.

Pasca-diamankan di Mapolres, tersangka M.AD kepada penyidik menjelaskan jika dirinya hanya sebagai kurir, sementara barang yang dibawa oleh tersangka didapatkan dari seorang bandar berinisial DDL (32 tahun) warga Kelurahan Talang Rimbo Baru, Kecamatan Curup Tengah.

“Mendapatkan informasi tersebut, sekitar pukul 01.00 WIB di hari yang sama, kami langsung bergerak menuju rumah pelaku. Sayangnya saat kami tiba di lokasi pelaku yang merupakan bandar serta pemain lama tersebut sudah tidak ada di rumah,” sampai Susilo.

Namun usaha anggota Sat Resnarkoba Polres Rejang Lebong tidak sia-sia. Meski tidak berhasil meringkus sang bandar ganja, di rumah pelaku pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti termasuk ganja yang beratnya sekitar 1 kg yang sudah dipecah-pecah oleh pelaku untuk dijual.

Menurut Susilo, barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya 1 paket besar ganja, 15 paket kecil ganja, 4 bungkus papir, 1 bungkus plastik clip warna putih bening, 3 buah korek api, 2 buah alat hisap sabu (bong), kemudian 1 unit sepeda motor Yamaha mio 125 warna silver hitam BD 4193 KW milik pelaku.

“Untuk pemilik barang masih kita lakukan pengembangan dan sudah kita tetapkan sebagai DPO, pelaku ini merupakan pemain lama sekaligus juga bandar, barang bukti yang berhasil kita amankan 1 kg ganja yang sudah dipecah-pecah, kemudian barang bukti lain termasuk juga ada alat hisap sabu yang kita amankan, saat ini semua barang bukti sudah kita amankan untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut,” terangnya. (brn)