BENGKULU  – Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dipimpin oleh Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs. H. Armed Wijaya MH, bertempat di Lapangan Anton Soedjarwo. Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Bengkulu, Pejabat Utama Polda Bengkulu serta seluruh personel Polda Bengkulu, hari ini (20/05/24).

Dalam upacara ini, Kapolda Bengkulu membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI. Menkominfo menyoroti bahwa kita tengah berada dalam era kemajuan teknologi yang sangat pesat.

“Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” ujarnya.

Serta mengingatkan bahwa refleksi terhadap pilihan kita bisa dimulai dengan melihat kembali gagasan awal pembentukan Indonesia. Sejarah bukan hanya sebagai sumber keteladanan nilai, tetapi sebagai percakapan yang berkelanjutan tentang kemajuan, kemanusiaan, dan kesejahteraan.

“Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu, tetapi dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban,” tambahnya.

Kapolda Bengkulu juga mengulas tentang Boedi Oetomo, yang menjadi titik awal orang belajar dan berdebat tentang pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda dan penyebarannya tanpa memandang kelas sosial. Boedi Oetomo menjadi pelopor pemikiran tentang keanggotaan yang inklusif bagi seluruh rakyat Hindia Belanda.

“Apa yang telah dirintis Boedi Oetomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan,” ungkapnya.

Menkominfo juga menegaskan bahwa saat ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah ditanamkan oleh para pendiri bangsa. Di era ini, kita dihadapkan pada berbagai tantangan dan peluang baru dengan kemajuan teknologi sebagai penanda zaman.

Kemajuan teknologi, yang telah meresap ke dalam kehidupan sehari-hari kita, menjadi bagian dari peradaban saat ini. Inovasi-inovasi teknologi mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Upacara Harkitnas ini menjadi momen refleksi dan pengingat akan pentingnya terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bangsa. (Red)