Kebakaran Hebat di Pasar Muara Aman: 15 Ruko Terbakar, Polisi Masih Lidik Asal Api…

Kebakaran hebat melanda kawasan padat pemukiman di Pasar Muara Aman, Selasa dini hari/Foto: Ist

LEBONG, sahabatrakyat.com– Peristiwa kebakaran hebat melanda kawasan padat pemukiman dan toko di Jalan Merdeka Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Lebong, Selasa (8/6/2021) dini hari tadi sekitar pukul 24.00 WIB. Lima belas ruko milik 13 warga terbakar.

Hingga saat ini polisi masih melakukan olah TKP untuk mengungkap penyebab utama kebakaran. Namun dugaan sementara, api berasal dari sambungan arus pendek. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. “Namun kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 3 milyar,” kata Kapolsek Lebong Utara IPTU L. Naibaho kepada wartawan, Selasa (8/6/2021) pagi.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, peristiwa itu diketahui setelah ada suara ledakan dari salah satu ruko. Belum sempat diketahui asal ledakan, api tiba-tiba saja sudah membesar.

“Menurut saksi Faisal, api sudah membesar sampai ke atap di toko DETI SUMOY. Sementara saksi Rismanto mengatakan melihat api sudah membesar. Saksi berteriak meminta bantuan kepada warga sekitar guna memanggil pemadam kebakaran dan memanggil warga untuk membantu memadamkan api,” ungkap IPTU Naibaho.

Dikatakan, setelah pemadam kebakaran dan watercannon Polres datang dibantu warga sekitar, api dapat dipadamkan sekira pukul 03.00 WIB.

“Berdasarkan keterangan saksi Karnobi, jumlah toko yang habis terbakar berjumlah 15 ruko, namun ada 2 pemilik memiliki 2 toko. Jadi korban 13 orang,” sebut Naibaho.

Berikut data toko yang habis terbakar:

1. Tokoh H. Peles (alm) dikontrakan kepada bambang Ario, umur 47 tahun, alamat Tapus jualan pakan kucing petsop;
2. Tokoh Bacik, jalan Kemayoran Pasar Muar Aman belakang Gedung Pertemuan (manisan);
3. Gudang Niman (bahan bangunan);
4. Tokoh Bakcik (manisan);
5. Tokoh Aho (gudang manisan);
6. Pablo (kelahiran 89) jualan sepatu;
7. Acoi (julanan onderdil sepeda);
8. Tokoh Aho (manisan);
9. Tokoh Hj Pengyang/Sopian (manisan)
10. Tokoh Deti Rahmat (jualan makanan bakso, mie dll);
11. Tokoh Firman dikontrakan Yusuf Abadi (jualan mas dan pakaian);
12. Toko Supono (julalan benang jahit obras);
13.Toko Acung (jualan manisan).


Pewarta: Sumitra Naibaho