Kerugian Capai Rp 1 M, Ketua DPRD Desak Pemkab Segera ‘Urus’ Laboratorium SMPN 1 BU

Ketua DPRD BU Sonti Bakkara saat berbincang dengan penjaga sekolah

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Ketua DPRD Bengkulu Utara Sonti Bakkara, Kamis (25/03/2020), meninjau lokasi dan korban kebakaran yang menimpa SMPN 1 Bengkulu Utara yang terjadi Rabu dini hari (24/03/2020).

Kebakaran itu yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIB itu menghanguskan rumah penjaga, laboraturium (beserta alat-alat labor), kantin, dan sebagian ruang guru

“Kita sudah menerima surat kepala sekolah, bahwa kerugian dalam musibah kebakaran ini mencapai 1 milyar lebih karena memang paling banyak di laboratoriumnya” kata Sonti Bakara, SH ketika dibincangi di SMPN 1 BU.

“Musibah, siapa yang menghendaki musibah ini, di tengah malam dini hari terjadi, ya kita tetap bersyukur karena penjaga sekolah dan keluarganya dalam keadaan sehat, hanya mereka perlu diberikan kekuatan, dorongan agar mereka percaya diri kembali, karena tadi kita sempat bercerita semua pakaian mereka habis termasuk ijazah anak-anaknya, tetapi hal ini sudah disampaikan kepada pihak kepolisian agar nantinya bisa segera dibuatkan penggantinya,” kata Sonti.

Karena itu Sonti meminta pihak eksekutif, bupati dan dinas terkait, agar secepatnya mengatasi kebutuhan sekolah yang paling pokok dalam mendukung proses belajar.

“Kita minta ini jangan dilama-lamakan, karena laboraturium ini sangat penting sekali karena dibutuhkan anak-anak untuk praktikum. Kita mengharapkan sekali nanti darimana anggarannya kalau memang masih ada dana kita yang masih tersedia, seperti dana tak terduga kita utamakan dahulu, karena ini sekolah, jadi ini tidak bisa kita diabaikan, mari kita sama-sama memikirkan ini,” ucap Sonti.

“Selaku Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, saya mendesak agar ini segera ditangani, ini segera dibangun kembali serta alat-alatnya. Misalkan alat-alatnya belum bisa kita cukupkan dengan yang sudah terbakar, kita dahulukan yang paling urgent dahulu yang akan dipakai oleh anak-anak kita, itu harapan kita.”

“Dengan saya turun langsung, saya menghimbau karena ini sekolah sangat-sangat perlu kita perhatikan makanya saya sempatkan untuk turun langsung,” tutupnya.

Terpisah, Kepala sekolah SMPN 1 Bengkulu Utara, Dra Tiswarni MPd, menjelaskan, Bupati Mian sendiri sudah turun ke lokasi saat kejadian sekitar pukul 02.30 WIB.

Kasat Reskrim Polres BU AKP Jerry Nainggolan SIK saat memberi keterangan kepada wartawan

“Pak Sekda bersama Kepala Dinas dan juga Dewan Pendidikan sudah turun melihat langsung, kami berharap apa yang disampaikan segera terwujud karena laboraturium ini sangan dibutuhkan bagi anak-anak kita,” katanya. “Terimakasih buat semua masyarakat yang antusias membantu dari pukul 02.30. Luar biasa buat semua masyarakat di sini.”

Sementara itu, Kapolres Bengkulu Utara AKBP Anton Setyo Hartanto, SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP Jery Antonius Nainggolan SIK mengatakan, untuk sementara penyebab kebakaran diduga api berasal dari kabel di atas plafon rumah yang ditempati oleh penjaga sekolah.


Pewarta: MS Firman