Liga Sepak Bola Kota Bengkulu Dimulai November

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Jika tak ada aral melintang, kompetisi sepak bola di Kota Bengkulu bertajuk Bengkulu Champions League (BCL) siap digelar mulai bulan depan, November 2020. Rencananya, klub-klub di Kota Bengkulu akan meramaikan turnamen ini.

“Liga ini untuk membangkitkan kembali sepak bola Kota Bengkulu,” kata Ketua Panitia Bengkulu Champions League Muhammad Syirazi Neyasyah di sela-sela acara Gathering with Asosiasi PSSI Kota Bengkulu 2020 di Kota Bengkulu baru-baru ini.

Ia mengatakan, ada 32 klub di Kota Bengkulu yang diundang untuk mengikuti turneman tersebut, baik klub baru maupun klub yang sudah lama berdiri. “Dan mereka sudah kita undang di acara gathering ini untuk sosialisasi,” imbuh Syirazi.

Dikatakan Syirazi, masa pendaftaran peserta liga sendiri sudah dibuka per tanggal 12 Oktober dan akan ditutup pada tanggal 26 Oktober mendatang.

“Pendaftaran bisa langsung ke Sekretariat Asosiasi PSSI Kota Bengkulu atau secara online. Biayanya 2 juta per tim,” terangnya.

Syirazi menandaskan, jika semua klub atau sebanyak 32 klub itu mengikuti turnamen maka pihaknya sudah menyiapkan dua lapangan untuk pertandiangan, yakni di Stadion Semarak dan Lapangan Sepak Bola Pesantren Pancasila.

Gelar Kongres

Ketua Asprov PSSI Provinsi Bengkulu Agus Salim mengakui Askab PSSI Kota Bengkulu sudah lama tidak menggelar kongres sehingga masa kepengurusannya saat ini masih berstatus demisioner.

“Itu akan segera dilakukan untuk penetapan anggota Askab yang sah sesuai statuta PSSI. Karena sudah lama tidak gelar kongres. Untuk rencana bikin liga kita minta koordinasi dulu dengan Pemkot karena ini kan masih dalam masa pandemi,” kata Agus Salim.

Hal senada dikemukakan Plt Ketua PSSI Kota Bengkulu Indra Swara. Ia berharap semua klub bisa membenahi manajemen klubnya agar bisa eksis dan berkompetisi sesuai dengan statuta PSSI.

Indra mengatakan bahwa untuk membangkitkan sepak bola Bengkulu perlu kerja sama semua pihak. Itulah sebabnya ia sengaja mengundang berbagai pihak di acara gathering
tersebut.

“Saya undang semua klub yang ada di Kota Bengkulu untuk kita ajak sama-sama membangun sepak bola Bengkulu. Harapan kami, ke depan mereka inilah yang akan menjadi anggota Askab untuk mendukung adanya even tahunan,” jelasnya.

Indra menambahkan, pertemuan dengan para manajer klub sepak bola se-Kota Bengkulu itu juga menjadi tahapan dalam rangka mempersiapkan kongres Askab PSSI Kota Bengkulu yang rencananya juga akan dilaksanakan pada bulan November 2020.


Sumber: RRI Bengkulu | Editor: Jean Freire