Makin Beringas! Begal Tembak Korban, Gasak Uang Rp 90 Juta dan Motor Penyelenggara Pemilu

Korban yang terkena tembakan saat dirawat di RS Kota Lubuk Linggau/Foto: Ist

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Aksi kejahatan di kawasan Kecamatan Padang Ulak Tanding kembali terjadi. Dua PNS yang juga diperbantukan di Sekretariat PPK Kota Padang, Rejang Lebong menjadi korban.

Aksi begal kali ini terbilang beringas. Pasalnya, pelaku sudah membawa dan menggunakan senjata api dalam melancarkan aksinya.

Akibatnya, satu dari dua orang korban mengalami luka tembak di bagian paha kiri dan harus mendapatkan perawatan medis di RS Arbunda Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan.

Dua orang korban masing-masing Saidi Ali (48 tahun) warga Desa Derati Kecamatan Kota Padang. Ia bertugas sebagai Sekretaris Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kota Padang.

Rekannya, Saiful Efendi (54 tahun) warga Desa Lubuk Mumpu Kecamatan Kota Padang selaku Bendahara PPK Kecamatan Kota Padang.

Mereka dibegal dan dirampok dalam perjalanan pulang ke Kota Padang usai mencairkan uang untuk pembayaran honor PPK dan PPS se-Kecamatan Kota Padang.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (4/9/2020) di jalan lintas yang menghubungkan Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dengan Kota Padang, tepatnya di kawasan dekat jembatan Napal Lung Desa Guru Agung Kecamatan PUT.

Kedua korban yang mengendarai sepeda motor Honda Beat Nopol 6684 KB diikuti oleh orang tak dikenal dengan mengendarai sepeda motor.

Tiba di lokasi kejadian, pelaku memukul korban Saipul Efendi yang saat itu dalam posisi dibonceng oleh Said Ali. Kemudian para pelaku memaksa korban berhenti dengan menendang motor korban hingga jatuh.

Mendapatkan korbannya sudah terjatuh pelaku meminta paksa tas korban yang berisi uang sebanyak Rp 90.850.000 berikut motor sembari mengancam bahkan sempat menembak kaki korban Said Ali hingga mengenai paha kiri korban.

Selanjutnya mendapati para korban sudah tak mampu melakukan perlawanan apa pun, dengan leluasa pelaku yang diperkirakan berjumlah 3 orang itu langsung kabur uang dan sepeda motor korban.

Sementara korban tak selang lama dibantu oleh warga yang melintas langsung dilarikan ke Rumah Sakit yang ada di Kota Lubuk Linggau untuk mendapatkan perawatan.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo saat dikonfirmasi tidak membantah adanya informasi tersebut. Bahkan Restu meminta agar kejadian yang menimpa Sekretaris dan Bendahara PPK Kota Padang tersebut dapat ditindaklanjuti oleh pihak Kepolisian dan para pelaku dapat segera ditemukan.

Namun demikian Restu sendiri mengaku belum bertemu langsung dengan para korban paska kejadian.

“Kami di sini dapat informasi kalau Sekretaris PPK dan Bendahara PPK Kota Padang dapat musibah menjadi korban kejahatan diperjalanan pulang ke Kota Padang tadi siang setelah mengurus pencairan honor PPK dan PPS,” kata Restu.

Mengantisipasi kejadian serupa, Restu juga menjelaskan nantinya setiap adanya pencairan oleh PPK, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Polres Rejang Lebong untuk mendapatkan pengawalan bagi jajarannya ditingkat Kecamatan.

Dilansir linggauupadate, Kapolres Rejang Lebong AKBP Deni Budiono Sik melalui Kapolsek PUT Iptu Apion Sori SH didampingi Kanitreskrim Ipda Muhamad Azhara SH juga membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya masih memburu para pelaku. (brn)