MAN 2 Seluma di Desa Penago II Dibangun Tahun 2022

Kantor Kemenag Seluma/Foto: anto-sahabatrakyat.com

SELUMA, sahabatrakyat.com– Setelah sempat berpolemik terkait status tanah, rencana pembangunan gedung Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 2 Seluma di Desa Penago II Kecamatan Ilir Talo, Seluma dirancang mulai dilaksanakan di tahun 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Seluma, Drs Mulya Hudori M.Pd, Selasa (04/05/2021). “Alhamdulillah untuk polemik status tanah sudah tuntas dan direncanakan pembangunannya dimulai tahun 2022,” ujarnya.

Rencananya, kata Mulya, gedung MAN akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 1,3 hektar. Lahan ini merupakan hibah dari Pemerintah Desa Penago II yang merupakan eks desa transmigrasi.

Menurut Mulya Hudori, bangunan PAUD Desa yang berdiri di atas tanah yang dihibahkan tersebut akan dipindahkan ke lokasi lain oleh Pemerintah Desa Penago II. Keputusan itu lah yang menjadi solusi sehingga tarik ulur rencana pembangunan MAN bisa diakhiri.

Kemudian tanah tersebut diserahkan ke pihak Kemenag Seluma untuk dibangun Madrasyah Negeri 2 Seluma demi untuk kepentingan masyarakat desa setempat, khususnya, dan masyarakat desa sekitar pada umumnya. Sebab, keberadaan MAN sudah layak untuk menunjang pendidikan tingkat atas, terlebih di desa tersebut sudah ada Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN), jelas Mulya yang juga mantan Kepala MAN 1 Arga Makmur ini.

Kepala Desa Penago II Adnan Supriadi mengatakan, pemerintah desa dan masyarakat setempat merespon positif terkait rancangan pembangunan MAN 2 Seluma di desanya. “Karena fasilitas dan sarana pendidikan itu memang sangat penting,” katanya.


Pewarta: Sukardianto