Minim Partisipasi Vaksin, Seluma dan Mukomuko Kembali ke Level 3 PPKM

Kapolres Seluma AKBP Darmawan Dwiharyanto

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Meski kasus konfirmasi positif Covid-19 melandai, namun jumlah warga yang sudah divaksin masih terbilang rendah atau belum memenuhi angka yang ditargetkan pemerintah. Akibatnya, status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM kembali naik, yakni dari level 2 ke level 3.

Peningkatan status PPKM itu terjadi di dua kabupaten dalam Provinsi Bengkulu, yakni Seluma dan Mukomuko. Keduanya yang sudah sempat di level 2, kini kembali ke level 3. Pemkab Seluma dan Mukomuko dituntut untuk kembali menerapkan penanganan kasus Covid-19.

“Saat ini berdasarkan Instruksi Mendagri, Seluma kembali naik ke level 3 Covid 19. Sehingga kita bersama Satgas Covid 19 Kabupaten Seluma, telah melakukan koordinasi mengenai hal tersebut,” terang Kapolres Seluma Polda Bengkulu AKBP Darmawan Dwiharyanto SIK, Jum’at (22/10/21).

Kapolres mengatakan, jika mengacu pada kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Seluma sudah mengalami penurunan dan turun ke level 1. Namun lantaran saat ini progres vaksinasi saat ini masih sangat minim, sehingga membuat Seluma kembali ke level 3.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, Kapolres Seluma telah meminta Polsek jajaran untuk mempercepat proses pelaksanaan vaksinasi Covid 19. Karena memang untuk vaksinasi Covid 19 saat ini, mengalami berbagai kendala termasuk keinginan masyarakat yang masih sangat kecil.

“Kita harus segera mengatasi hal ini untuk itu saya telah minta seluruh Polsek dan petugas di lapangan untuk dapat melakukan sosialisasi tentang edukasi Vaksinasi lebih intens lagi,” kata Darmawan.

Disampaikan Darmawan, Dinas Kesehatan dan puskesmas di Kabupaten Seluma juga diharapkan dapat kembali gencar dalam melakukan vaksinasi. Termasuk menjadwalkan ulang untuk pelaksanaan vaksinasi terpusat. Kepala Desa diharapkan terus berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk proses pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Polres Mukomuko bekerja sama dengan sekolah untuk mempercepat vaksinasi

Gerai Presisi

Kapolres Mukomuko Polda Bengkulu AKBP Witdiardi S.IK., MH yang ditunjuk sebagai Wakil Ketua I Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, mengajak dan mengimbau kepada pihak-pihak secara bersama memaksimalkan serbuan vaksinasi.

Ditegaskan Witdiardi, terkhusus untuk masyarakat dimana pihaknya terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang vaksinasi Covid-19 agar masyarakat diharapkan mendukung dan mau divaksin.

Dalam penanganan pandemi ini Polri bahkan langsung turun ke sekolah, pesantren gereja serta tetap membuka gerai vaksin presisi di Mapolres Mukomuko.

“Polres Mukomuko kembali membuka pelayanan vaksinasi bagi remaja berusia 12 tahun ke atas. Mari bersama kita sukseskan program pemerintah dan mencapai target minimal vaksinasi. Tujuannya Kabupaten Mukomuko turun level satu dan masyarakat terhindar dari penyebaran virus Corona,” ajak Witdiardi.

Ia juga menyampaikan, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinkes Mukomuko, Bhayangkari serta bekerjasama dengan mahasiswa/mahasiswi sebanyak belasan orang yang sesuai dengan bidangnya.

Witdiardi juga menghimbau masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan sebelum dan sesudah beraktivitas di luar rumah agar pandemi Covid-19 segera selesai. (**)