Nekat Tanam Ganja 400 Batang, Begini Pengakuan Oknum Guru SD…

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Oknum guru berinsial BH (54 tahun) yang mengajar di SDN 151 wilayah Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) sepertinya memang sudah siap dengan segala konsekuensi hukum yang harus dijalaninya akibat dari menanam 400 batang ganja di kebun cabe miliknya hingga kemudian diungkap Polsek Sidang Dataran dan Polres Rejang Lebong, Sabtu (3/4/2021) lalu.

Menurut pengakuan tersangka, ganja yang dijualnya tidak dalam bentuk paket besar (kg) namun diecer dalam bentuk paket-paket kecil seharga kisaran 20ribu, 50ribu hingga 100ribu.

“Kita tidak jual kiloan, tapi paket kecil-kecil ada yang 20 ribu, ada yang 50 ribu tergatung yang mau beli berapa, sudah terjual sekitar 1,5 kg totalnya,” terang tersangka kepada wartawan.

Ide menanam ganja menurut tersangka, tidak berasal dari orang lain, namun dari dirinya sendiri, dimana sebelumnya tersangka adalah pemakai kemudian mencoba keberuntungan dengan menjadi penanam ganja bahkan sempat berhasil menjual sebanyak 2 kali. Sementara ganja yang ditanamnya sebelum diringkus aparat sudah berumur 1 tahun.

Sebelum menanam ganja, dijelaskan tersangka, bibit didapat dengan cara disemainya sendiri dari biji-biji ganja yang sudah kering dan sisa hasil pakai. “Ide saya sendiri, dulunya saya ini pemakai, kemudian saya cuba nanam dan umurnya sekarang ini sudah 1 tahun, bibitnya saya semai sendiri,” ungkapnya.

Disinggung dengan resiko yang harus diambil tersangka akibat dari menanam ganja tersebut, disadari oleh tersangka jika dirinya sudah mengetahui apalagi dirinya adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas sudah cukup lama sebagai guru disekolah dasar. Namun menurutnya segala sudah terjadi hingga harus dihadapi.

“Sudah terpikir resikonya pak, namun nasib lagi sial mau gimana lagi,” akhirnya.
Namun demikian dirinya memastikan jika dirinya tidak pernah menjual ganja yang ditanamnya itu kepada anak-anak di wilayah tersebut, termasuk dengan siswa yang diajarnya di sekolah.

Di sisi lain Kapolres RL AKBP Puji Prayitno mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Sindang Beliti Ulu yang sudah begitu peduli dengan masalah kamtibmas di wilayah tersebut, khususnya untuk permasalahan Narkoba jenis ganja yang baru saja diungkap.

“Kita sangat berterima kasih kepada masyarakat di sini yang sudah memberikan informasi dan begitu peduli dengan masalah narkoba ganja ini, sehingga kita berhasil melakukan pengungkapan,” sampai Kapolres. (brn)