Operasi Keselamatan Nala 2021, Polda Kerahkan 423 Personil

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono memberi keterangan kepada wartawan usai memimpin apel Gelar Pasukan, Jumat (09/04/2021)/Foto: ist

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Operasi Keselamatan Nala 2021 di wilayah Provinsi Bengkulu siap digelar mulai tanggal 12-25 April. Untuk memastikan kesiapan, Jumat (09/04/2021) pagi Polda Bengkulu menggelar Apel Gelar Pasukan yang dipusatkan di Lapangan Rekonfu Mapolda Bengkulu.

Dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono MSi, apel itu diikuti personil Polri dan ASN di lingkup Polda Bengkulu serta perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu.

Kepada wartawan usai memberi amanat dan apel, Kapolda Teguh Sarwono didampingi Kabid Humas Kombes Pol Sudarno menjelaskan bahwa sasaran Operasi Keselamatan Nala 2021 ini adalah untuk meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas sekaligus memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Sasaran operasi Keselamatan Nala 2021 ini adalah untuk meningkatkan kelancaran, kedisiplinan dan keselamatan masyarakat terutama dalam berlalu lintas. Termasuk juga untuk tetap menjaga kesehatan dengan menegakkan protokol kesehatan,” kata Teguh.

Teguh menyampaikan bahwa di internal Polri sendiri sudah ada larangan resmi dari Kapolri untuk tidak melakukan mudik bagi ASN dan anggota Polri. Aturan-aturan terkait pelaksanaan shalat tarawih selama ramadhan dan shalat Ied Idul Fitri nantinya, kata Teguh, juga sudah ada dari kementerian terkait.

Sementara bagi masyarakat, kata dia, pemerintah juga sudah gencar memberi imbauan agar tidak mudik lebaran. “Karena semuanya demi mencegah penularan Covid-19. Tapi lebih lanjut kita tunggu saja baik dari Mabes maupun pemerintah seperti apa nanti teknisnya,” kata Teguh.

Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu Kombes Pol Prabowo Santoso dalam suratnya menyebut Operasi Keselamatan Nala 2021 akan berlangsung mulai tanggal 12-25 April 2021 atau selama 14 hari.

Operasi Keselamatan Nala 2021 ini sendiri akan melibatkan 423 personil Polda dan Polres jajaran. Terbanyak dari Polda Bengkulu, 67. Sementara di Polres jajaran masing-masing personil yang terlibat ada 45 orang di Polres RL, 30 orang di Polres Kaur, 30 Polres Kepahiang, 20 Polres Lebong, 45 Polres Mukomuko, 50 Polres Bengkulu Utara, 16 Polres Benteng, 45 Polres Bengkulu, 30 Polres Seluma dan 45 personil di Polres BS.

Prabowo menambahkan, target operasi adalah masyarakat yang tidak mematuhi Prokes, masyarakat yang tidak disiplin dan patuh dalam berlalu lintas, dan masyarakat yang tidak mematuhi larangan mudik lebaran. (JF)


Sumber: rri.co.id/RRI Bengkulu