Operasi Keselamatan Nala 2021, Polres Rejang Lebong Utamakan Edukasi

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Terhitung hari ini (12/4/202) Polres Rejang Lebong resmi melaksanakan giat Operasi Keselamatan Nala 2021. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama empat belas hari ke depan dengan mengedepankan edukasi kepada masyarakat.

Kapolres Rejang Lebong AKBP. Puji Prayitno kepada wartawan menjelaskan, dalam giat operasi Keselamatan Nala 2021 yang akan berlangsung mulai 12-25 April 2021 tersebut, pihaknya telah menargetkan tiga hal yakni nemastikan masyarakat Rejang Lebong menerapkan protokol kesehatan, terciptanya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas) dan melakukan pelarangan mudik upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Untuk memastikan target tersebut tercapai, Satlantas nanti akan mendirikan pos-pos di sejumlah perbatasan dan keramaian, terutama di wilayah perbatasan khususnya di perbatasan Rejang Lebong-Lubuk Linggau,” terang Kapolres.

Sementara itu personil yang dilibatkan selama kegiatan Operasi Keselamatan Nala 2021 menurut Kapolres terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah yang jumlahnya sekitar 160 personil per harinya. Keterlibatan Dinas Kesehatan juga menjadi hal yang utama selama berlangsungnya Operasi guna melakukan pengecekan kesehatan kepada warga masyarakat.

“Kita melibatkan Dinas Kesehatan nanti untuk melakukan pengecekan kesehatan antisipasi penyebaran covid-19, dan tadi juga sudah kita bahas bersama dengan Dinas Kesehatan untuk giat ravid anti gen juga dilaksanakan selama berlangsungnya operasi,” jelas Kapolres.

Kasat Lantas Polres Rejang Lebong Iptu. Aan Setiawan menambahkan, setiap harinya dalam giat operasi pihaknya melibatkan 45 personil dengan mengedepan edukasi bukan penindakan.

“Sekali lagi kita mengedepankan edukasi selama operasi berlangsung, namun bukan berarti tidak melakukan penindakan, sebab sebagaimana disampaikan bapak Kapolres tadi ada tiga hal utama yakni protkol kesehatan, kemudian keselamatan berlalulintas dan larangan muudik kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Terkait penindakan, ditegaskan oleh Kasat Lantas hanya akan dilakukan oleh pihaknya kepada pengendara yang memang melanggar tatib lalin dan beresiko terjadinya laka lantas. Sebelumnya tetap mengedepankan persuasif berupa teguran terlebih dahulu.

“Jika tidak mampu dengan teguran maka kita akan lakukan penindakan dengan tilang, tapi intinya tetap mengedepankan edukasi,” tegasnya.

Terkait dengan rapid antigen, ditambahkan oleh Kasat Lantas, sejak hari ini pihaknya telah melaksanakan giat rapid tersebut yang menyasar para pengendara yang melintas di kawasan Rejang Lebong, untuk giat pertama dilaksanakan di pos kota dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan sasaran 30-35 pengendara.

“Setiap harinya kita laksanakan dan hari ini sudah kita mulai, Alhamdulillah kita didukung penuh oleh Dinas Kesehatan Rejang Lebong dalam hal ini, giat ini akan kita laksanakan selama pelaksanakaan operasi keselamatan nala 2021 dengan lokasi berpindah-pindah,” akhirnya.

Berdasar pantauan sebelum dilaksanakannya operasi keselamatan, sekitar pukul 08.30 WIB bertempat di lapangan Mapolres Rejang Lebong dilaksanakan apel gelar pasukan terlebih dahulu.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Rejang Lebong Drs. Syamsul Effendi, dihadiri langsung oleh Kapolres Rejang Lebong, Kajari Rejang Lebong, Wakil Ketua II DPRD Rejang Lebong, PLH Kasdim 0409 Rejang Lebong, Ketua PN Curup, Danyon Brimob Pelopor A Curup, Komandan Sub Detasemen PM II Curup, Jasa Raharja dan Perwakilan Dinas Perhubungan Rejang Lebong serta diikuti anggota Kepolisian, TNI, Satpol PP, Disbhub dan Dinkes Rejang Lebong. (brn)