Pemkab BU Cegah Stunting dengan Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara terus mendorong upaya-upaya percepatan penanganan stunting yang menjadi salah satu lokus nasional saat ini. Salah satu programnya adalah pemanfaatan lahan pekarangan warga.

Kepala DKP Kabupaten Bengkulu Utara, Ir Heri Purnomo MM, Senin (20/7/2020) di Arga Makmur, mengatakan, pemanfaatan pekarangan ini berguna dalam meningkatkan akses pangan dan produksi ternak di lahan perkarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk peningkatan konsumsi pangan dan gizi keluarga sehingga dapat mencegah stunting.

Dikatakan Heri, pengembangan di tahun 2020 ini diarahkan untuk meningkatkan fungsi dan kapasitas pengembangan ternak (unggas ayam), pertanaman perkarangan dan demplot kelompok tani untuk mendukung kegiatan penyediaan, pemanfaatan dan pemasaran pangan.

“Kita harapkan lahan pekarangan yang telah dimanfaatkan ini menjadi percontohan dan sebagai pemenuhan gizi keluarga, serta juga diharapkan mampu menambah pendapatan atau meningkatkan ekonomi keluarga,” tutur Heri.

Heri menambahkan, pemanfaatan lahan perkarangan dapat mencegah terjadinya stunting dan mendorong inisiatif masyarakat untuk berdaya dan mandiri dalam mencukupi kebutuhan pangan keluarga dengan usahanya.

Selain itu, pemberdayaan terhadap masyarakat dalam menyediakan pangan dan gizi dengan memanfaatkan lahan pekarangan dapat mencukupi kebutuhan dasar gizi masyarakat.

“Karena pada praktiknya masyarakat punya kontrol lebih banyak untuk mengatur kuantitas dan kualitas dari tanaman itu sendiri dengan modal keuletan dan kemauan untuk belajar dan mengenal tentang tanam-menanam, ini bisa berpotensi menjadi lahan bisnis bagi masyarakat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dan masyarakat,” tandasnya.


Pewarta: MS. Firman/ADV