Peringati Hari Pahlawan; PMKRI-Duta Bahasa Gelar Kuis Kebahasaan dan Kepahlawanan serta Mimbar Bebas

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya sekaligus menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk refleksi dan introspeksi sejauh mana peran setiap komponen bangsa dalam mewarisi nilai-nilai kepahlawanan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Hari Pahlawan diwarnai dengan pandemi Covid-19. Namun hal ini tidak menyurutkan niat dan semangat dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Bengkulu bersama Ikatan Duta Bahasa Bengkulu untuk mengadakan beberapa rangkaian kegiataan yaitu kuis kebahasaan dan kepahlawanan serta mimbar bebas yang dilakukan dengan tetap mejalankan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan di Pantai Berkas dan mendapat sambutan baik dari para pengunjung. Hal ini terbukti dari minat masyarakat yang ikut mengisi kegiatan kuis.

Aditya Prasetyo selaku ketua umum Ikatan Duta Bahasa Bengkulu menuturkan bahwa kegiatan hari pahlawan yang diselenggarakan IKADUBAS dan PMKRI bukan hanya sebagai prosesi namun substansi yang dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan, salah satunya dengan menjadi motor penggerak gerakan literasi nasional yang dapat dilakukan sebagai aksi nyata para pemuda dalam rangka mencerdaskan bangsa.

Senada dengan itu, Ketua Presidium PMKRI, Surya Sinabutar juga menyampaikan sebagai bagian dari anak bangsa, PMKRI Cabang Bengkulu hadir bersama di tengah masyarakat untuk mengisi Hari Pahlawan dengan kegiatan-kegiatan yang mencerdaskan masyarakat.

“Kali ini PMKRI berkolaborasi dengan Ikatan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mencintai Bahasa Indonesia serta kami juga menggelar mimbar bebas sebagai bagian dari meluapkan aspirasi dan sarana refleksi untuk kita semua,” ujar Surya.

“Besar harapan kami kita semua tidak menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa raganya dan dihari pahlawan ini sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mencintai dan menjaga warisan kemerdekaan dari para pahlawan kusuma bangsa,” tandasnya.


Pewarta: Jean Freire/rls