Pernah Paling ‘Aman’, Kini Lebong Catat Kasus Terbanyak Covid-19

Rapat Koordinasi Pemkab Lebong dipimpin Bupati Kopli Ansori terkait penanganan kasus Covid-19 di Lebong, Sabtu (17/4/2021) /Foto:FB Kominfo Lebong

LEBONG, sahabatrakyat.com Selama dua hari terakhir kasus Covid- 19 di Kabupaten Lebong meningkat tajam. Pada Jumat (16/4/2021) ada 11 kasus lalu pada Sabtu (17/4/2021) bertambah lagi menjadi total 27 kasus terkonfirmasi positif.

Dengan tambahan itu, Lebong yang pernah paling lama berstatus zona hijau kini menjadi zona merah dengan kasus terbanyak setelah Kota Bengkulu.

Bahkan dari data yang diperoleh, sebaran warga yang terpapar corona juga jauh lebih luas. Tak hanya di satu dua wilayah kecamatan, tapi meliputi lebih dari separuh jumlah kecamatan, yakni 8 dari 12 kecamatan yang ada.

Delapan kecamatan itu adalah Lebong Atas, Pelabai/Tubei, Amen, Lebong Utara, Uram Jaya, Lebong Sakti, Bingin Kuning dan Lebong Selatan.

Di sisi lain mereka yang terpapar juga tak hanya dalam cluster yang sama. Tapi sudah beragam asal cluster. Mulai aparatur pemerintah sampai ke masyarakat biasa.

Menyikapi perkembangan kasus Covid-19 yang menonjol ini, Pemkab Lebong langsung menggelar rapat koordinasi meski di hari libur, yakni Sabtu (17/4/2021) pagi di rumah dinas Bupati di Kelurahan Tanjung Agung.

Rapat dipimpin langsung Bupati Lebong Kopli Ansori diikuti Sekda Mustarani Abidin, dan Satgas Penanganan Covid-19 serta dinas teknis terkait.

Dirilis Dinas Kominfo dan SP Lebong lewat akun media sosialnya, Bupati Kopli minta agar segera ada langkah konkrit menyikapi melonjaknya kasus Covid-19.

Selain minta penanganan intensif, Kopli juga menegaskan agar mereka yang terpapar tidak dipandang sinis apalagi dianggap sebagai aib. “Covid-19 itu bukan aib. Jadi tidak usah malu. Ikuti saja petunjuk petugas medis dan patuhi protokol kesehatan untuk menjaga keluarga dan warga lainnya,” pesannya.

Dengan tambahan 27 kasus, jika dihitung dari tanggal 23 Juli tahun 2020 sampai dengan tanggal 16 April 2021 maka kasus Covid – 19 di Kabupaten Lebong berjumlah 81 kasus.


Pewarta: Sumitra Naibaho