Rp 45 Juta Hilang Saat Ritual Cari Ponakan, Dukun: Uang Diambil Jin

Korban Pe saat memberikan keterangan/Foto: Ist

BENGKULU SELATAN, sahabatrakyat.com– Kasus dugaan penipuan antara warga dengan seorang dukun terjadi di wilayah hukum Polres Bengkulu Selatan. Adalah Pe (39 tahun), warga asal Pagar Alam, Sumatera Selatan yang merasa dikerjai MA (57 tahun), warga Kecamatan Ulu Manna, Bengkulu Selatan. MA disebut seorang dukun.

Peristiwa bermula saat Pe bermaksud mencari keponakannya yang hilang lewat jasa paranormal, Selasa (1/6/2021). Ia lalu menemui MA untuk minta bantuan. Oleh MA, permintaan Pe disanggupi dengan syarat Pe menyiapkan uang Rp 45 juta.

Malam harinya sekitar pukul 19.00 WIB, Pe kembali ke rumah MA untuk melaksanakan ritual yang dimaksud. Acara ritual digelar di belakang rumah Ma. Kemudian Ma minta korban menyerahkan uang Rp 45 juta sebagai syarat ritual.

“Uang itu, menurut korban, akan dikembalikan lagi setelah ritual,” ungkap Kapolres BS AKBP Deddy Nata S.Ik, melalui Kasat Reskrim, Gajendra Harbiandri Strk SIK MH didampingi Kanit Reskrim, Ipda M Bintang Azhar, Sabtu (05/06/2021).

Uang yang diserahkan itu lalu dimasukan oleh Ma ke dalam suatu wadah atau tempat penyimpanan persembahan. Lalu ditutup dengan kain. Selanjutnya dilakukan persembahan.

Usai ritual, kain yang menutup wadah tersebut lalu dibuka. Namun saat penutupnya terbuka, uangnya yang ditaruh tadi sudah tidak ada lagi di sana.

Melihat uang sudah tidak ada lagi, korban kaget dan langsung menanyakan kemana uang tersebut. Ma saat itu menjawab bahwa uangnya sudah diambil oleh jin.

Mendengar pengakuan Ma, korban tidak terima dan meminta Ma mengembalikannya. Hanya saja Ma tidak mau dengan alasan dia tidak mengambilnya.

Pe yang merasa ditipu oleh Ma akhirnya memilih jalur hukum. Ia melapor ke Polres Bengkulu Selatan.

Setelah menerima laporan dari korban, polisi langsung bergerak menuju kediaman terlapor. Lalu pada Kamis (3/6/2021) sekitar pukul 23:00 Wib, Ma berhasil diamankan saat sedang berada di rumahnya. “Pelaku sudah kami amankan dan sedang dalam pemeriksaan,” M. Bintang.

Dijelaskan M Bintang, saat dimintai keterangan Ma membantah telah mengambil uang tersebut. Bahkan Ma mengaku yang mengambilnya Jin. Sehingga dirinya tidak tahu menahu.

“Kami masih terus mendalaminya. Saat ini kami memeriksa korban dan para saksi serta terlapor,” tandas M. Bintang. (**)