Sebar Hoax dan Kebencian Selama Pilkada, Polda Pastikan Beri Tindakan Tegas!

Kombes Dedy Setyo Yudo Pranoto

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Tahapan Pilkada serentak 2020 di Provinsi Bengkulu secara resmi telah dimulai. Terkait hal tersebut, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs. Teguh Sarwono, M.Si., melalui Dir Reskrimsus Polda Bengkulu Kombes Pol Dedy Setyo Yudo Pranoto, S.Ik menegaskan tidak akan mentolerir dan akan menindak tegas para pelaku kejahatan cyber selama tahapan Pilkada serentak 2020.

“Ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan Pilkada yang aman dan lancar khususnya di Provinsi Bengkulu,” kata Kombes Teddy, Kamis (10/09/2020).

Ia menjelaskan, kejahatan yang sering terjadi pada saat pilkada yakni banyaknya akun–akun palsu yang disinyalir dibuat untuk memprovokasi masyarakat dengan menyebar kebohongan.

”Para pelaku yang menggunakan media internet ini untuk melakukan suatu kejahatan baik itu penyebaran kebencian ( hoax ) kepada suatu calon atau melakukan black kampaign akan mengganggu kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi di Bengkulu dan hal ini tidak akan saya tolerir,” tegas Teddy lagi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Teddy, pihaknya akan bekerja sama dengan Kominfo guna melakukan penelusuran akun – akun palsu yang dibuat untuk memperkeruh suasana dalam Pilkada.

”IP address dari akun palsu pasti akan diketahui lewat peralatan yang dimiliki oleh Kominfo,” katanya.

Karena itu, Teddy menghimbau seluruh masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial. Sebab apabila kedapatan melakukan kejahatan cyber selama pilkada maka pihaknya akan memberikan tindakan tegas.