Sebelat Ulu, Pintu Rimba Wisata Alam di Kawasan TNKS

Sebelat Ulu, Pintu Rimba Wisata Alam di Kawasan TNKS/Foto: Ist

LEBONG, sahabatrakyat.com– Desa Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong akan menjadi pintu rimba wisata alam dan budaya di Kecamatan Pinang Belapis yang wilayahnya juga mencakup kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong, Ir Edy Ramlan MSi dalam sambutannya sebelum membuka Rapat Koordinasi Pengembangan Pariwisata Alam Pada Zona Pemanfaatan TNKS di Kecamatan Pinang Belapis, Kamis (5/11/2020) di Desa Sebelat.

Pada rakor yang difasilitasi Bappeda Kabupaten Lebong itu, Edy Ramlan juga hadir mewakili Sekda Lebong. Selain rapat koordinasi dengan TNKS, kegiatan itu juga diisi dengan pelatihan pengembangan Desa Wisata Sebelat Ulu oleh Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bappeda beserta staf, kepala Dispeeindag-Kop, Dandim 0409 Rl/mewakili, Camat Pinang Belapis, perwakilan dari Balai Besar TNKS Wilayah VI, Ketua ASIDEWI Pusat beserta rombongan, Kepala Desa Sebelat Ulu beserta perangkat dan masyarakat setempat.

Edy Ramlan berharap, hasil pelatihan desa wisata itu bisa meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Sebelat Ulu yang punya keunikan dan kultur budaya yang dimiliki.

“Sebelat Ulu ini juga nantinya akan dijadikan pintu rimba untuk pendakian Gunung Sebelat serta akan banyak sekali atraksi-atraksi wisata yang akan dikembangkan di sini,” ujarnya.

Edy menandaskan, “Semoga cita-cita Pemda Lebong menjadikan Desa Sebelat Ulu menjadi pilot projeck desa wisata di Kabupaten Lebong ini dapat terlaksana dengan baik sehingga desa-desa lain yang memiliki potensi wisata dengan segala keunikannya juga bisa dikembangkan.”


Pewarta: Jean Freire