Seorang Warga Rejang Lebong Berstatus PDP Meninggal Dunia…

Pemakanan PDP Covid-19 di Rejang Lebong/Foto: Antara

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com Seorang warga Kabupaten Rejang Lebong yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Selasa siang (09/06/2020) dinyatakan meninggal dunia dan dimakamkan menggunakan protokol penanganan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir membenarkan adanya warga setempat yang berstatus PDP meninggal dunia saat menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Curup Kelurahan Dwi Tunggal.

Syamsir bilang warga itu asal Kecamatan Sindang Dataran. “Tadi jenazahnya sudah dimakamkan di TPU khusus di Desa Lubuk Ubar, Kecamatan Curup Selatan,” kata dia.

Syamsir menambahkan, warga yang meninggal dunia ini berjenis kelamin perempuan dan memiliki penyakit penyerta yaitu diabetes militus (DM) atau kencing manis.

Korban sendiri sebelumnya sudah rapid test dan diketahui hasilnya reaktif. Namun untuk hasil pemeriksaan swab-nya belum keluar.

Menurut pihak keluarga PDP yang meninggal ini, ibunya itu sudah lama menderita diabetes dan penyakit sesak nafas. Pada Sabtu (6/6/2020) siang, penyakitnya kambuh sehingga harus dibawa ke RSUD Curup Dua Jalur dan kemudian dilakukan isolasi di bangunan RSUD Curup yang lama di Kelurahan Dwi Tunggal.

Pemakaman jenazah PDP di TPU Lubuk Ubar sekitar pukul 11.30 WIB dilakukan oleh petugas medis dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong dikawal oleh petugas Polres Rejang Lebong dan anggota TNI Kodim 0409/Rejang Lebong dari satuan intelejen.

Di TPU Desa Lubuk Ubar itu sendiri saat ini terlihat sudah ada empat makam warga Kabupaten Rejang Lebong yang dimakamkan dengan menggunakan prosedur penanganan COVID-19, terdiri dari dua makam perempuan dan dua makam laki-laki.


Penulis: Antara | Editor: Jean Freire