Setor Rp 150 Juta Demi Bisa Lolos PNS, Warga Kota Kena Tipu

KOTA BENGKULU, sahabatrakyat.com– MS (55 tahun), warga Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu, sepertinya sudah habis kesabaran sehingga harus mendatangi polisi untuk menyelesaikan masalah yang membelitnya selama dua tahun terakhir.

MS melaporkan seseorang berinisial HM ke Polres Bengkulu, Senin (06/04/2020) atas dugaan penipuan berkedok penerimaan CPNS. Kata MS, HM tak bisa memenuhi janji bisa meluluskan anakn MS menjadi CPNS meski sudah menyetorkan uang ratusan juta rupiah yang diminta.

Dilansir Tribratanewsbengkulu.com, Rabu (8/04/2020), peristiwa itu bermula pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2017. Pelaku menjanjikan kepada korban untuk bisa memasukan anaknya menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan satu syarat, yaitu korban harus sanggup menyetorkan sejumlah uang kepada pelaku.

Untuk uang yang harus disetorkan oleh korban ke pelaku ialah sejumlah Rp. 170 juta. Namun korban tidak sanggup membayar uang sejumlah nominal tersebut. Korban menyatakan hanya sanggup menyetorkan uang sejumlah Rp 150 juta dan pelaku sepakat dengan nominal tersebut.

Pada saat pelaksanaan tes CPNS berlangsung, anak korban tidak lulus sehingga korban menanyakan kepada pelaku tentang hal tersebut. Alhasil pelaku memberi tahu untuk mengikuti tes pada periode berikutnya.

Lalu pada tahun 2019, pelaku membuat surat pernyataan tentang pengembalian uang korban. Namun hingga kini uang tersebut belum kunjung dikembalikan oleh pelaku sehingga korban melapor ke polisi.


Editor: Jean Freire