Sikat Harta Anggota TNI & Polri, Ibu dan Putranya Dibekuk Polisi

BENGKULU, sahabatrakyat.com Tim Khusus Jatanras Polda Bengkulu berhasil mengungkap pelaku pencurian dengan pemberatan yang menimpa korban salah satu anggota TNI hingga merugi Rp 34 juta. Hasil pengembangan juga menguak pelaku pernah mencuri di rumah seorang anggota Polri.

Mirisnya, dua pelaku yang sudah dibekuk petugas masih bertalian darah: ibu dan anak. Mereka adalah Pi (17 tahun) dan Ma (47 tahun). Keduanya tinggal di Gang Adius 8 No. 50 Rt. 007 Rw. 003 Kelurahan Padang Nangka, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Peristiwa pencurian yang diungkap ini terjadi pada Jumat, 3 April 2020, sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu korban bernama Munir, warga Jalan Muhajirin Raya Kelurahan Padang Nangka, baru saja pulang ke rumahnya usai sholat subuh di masjid.

Sampai di rumah, Munir kaget karena harta benda di rumahnya pagi itu tiba-tiba lenyap.
Barang milik korban yang hilang di antaranya enam unit handphone berbagai merek (OPPO F7, OPPO A5, OPPO F3, OPPO A37, OPPO A37, dan Samsung 0168).

Korban Munir juga kehilangan satu buah tas yang berisi emas berbentuk cincin 5 gram 24 karat; 2 buah jam tangan merk Alexander Christi; uang tunai Rp 11 juta; 3 buah ATM dan 1 STNK mobil. Total kerugian korban mencapai Rp 34.950.000;

Kronologis Pengungkapan

Setelah menerima laporan korban, Unit Opsnal melakukan serangkaian upaya penyelidikan dan TRACE IMEI terhadap beberapa HP milik korban. Dari hasil penyelidikan tersebut, diperoleh aktivasi terhadap salah satu hp milik korban.

Lalu pada Sabtu (16 Mei 2020), sekira pukul 21.00 WIB, polisi melakukan upaya paksa dan penggeldahan di rumah terduga pelaku di Gang Adius 8 No.50 Rt.007 Rw.003 Kel. Padang Nangka Kec. Singaran Pati Kota Bengkulu.

Dari hasil penggeledahan di rumah itu ditemukan sejumlah barang bukti. Seperti tiga unit hape (OPPO A5 warna putih, OPPO A37 warna Gold, dan Samsung 0168 warna hitam); 2 jam tangan merk Alexander Christi; dan satu kalung perak (dari hasil uang yang dicuri); satu unit sepeda motor Yamaha Vixion Nopol BD 6430 YE.

Polisi juga menemukan satu unit hape VIVO 1907 warna putih, satu unit hape Samsung A7 warna putih, satu unit hape Maxstron warna merah, satu unit hape HIMAX warna gold. Lalu, tiga kunci T.

Termasuk satu unit handphone OPPO A37 warna gold yang diamankan dari seseorang bernama Gede di Jalan Muhajirin 20, dan satu unit handphone OPPO F7 warna merah.

Dari hasil interogasi terhadap pelaku Pi dengan disesuaikan terhadap BB yang ditemukan saat penggeledahan, pelaku mengakui pernah mencuri satu unit handphone ASUS ZO 10D ZENFHONE MAX warna putih di rumah seorang anggota Polri di Jalan Z Arifin Almunawaro 06 Rt.09 Rw.03 Kel. Padang Nangka Kec. Singaran Pati Kota Bengkulu.

“Kami masih akan melakukan pemeriksaan untuk pengembangan lebih lanjut dan mencari barang bukti yang belum ditemukan yang dibuang oleh pelaku,” kata Kapolda Bengkulu melalui Kasubdit 2 Jataranras Ditreskrimum Polda Bengkulu AKBP Max Mariner.


Sumber: rri.co.id | Editor: Jean Freire