Sudah 20 Tahun Jalan Desa di Seluma Ini Tak Disentuh Pembangunan

Jalan ke Desa Padang Capo yang masih berupa tanah

SELUMA, sahabatrakyat.com Warga Desa Padang Capo Ilir, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan di sana yang sudah rusak parah.

Ali Putra, warga setempat menuturkan, jalan penghubung Desa Padang Capo Ilir dan Desa Padang Capo Ulu ke Desa Padang Capo sepanjang sekitar 28 kilometer itu tak pernah disentuh pembangunan selama dua puluh tahun terakhir.

“Semenjak pemekaran Kabupaten Seluma hingga sekarang infrastruktur jalan menuju Desa Padang Capo tak pernah tersentuh pembangunan, baik dari pemerintah daerah maupun propinsi, sehingga masyarakat sangat sulit untuk keluar dari desa menuju ke ibukota kabupaten dan Kota Bengkulu,” ungkapnya belum lama ini.

Akibat buruknya akses jalan, warga Padang Capo yang hendak mengangkut hasil pertanian seperti kopi hanya bisa menumpang kendaraan roda empat khusus atau yang didukung suspensi dobel gardan dengan ongkos Rp 50 ribu untuk satu orang penumpang.

Kondisi itu juga membuat harga kebutuhan lainnya menjadi relatif mahal. Seperti bahan bangunan (pasir, semen) yang bisa dua kali lipat dari harga normal di pasar.


Pewarta: SUKARDIANTO