Survei Pilkada Lebong: TEGUH – NASIRWAN Menang!

LEBONG, sahabatrakyat.com– Tetap menjaga ritme perjuangan dengan seabrek agenda pertemuan dengan calon pemilih di 12 kecamatan, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lebong Pilkada 2020, TEGUH – NASIRWAN, terus mendulang simpati dan dukungan.

Bahkan berdasar hasil survei terbaru yang dilaksanakan oleh Indonesia Publik Opinion Institute (IPO Institute) pada 11-13 November 2020, TEGUH – NASIRWAN unggul atas pasangan lainnya.

Dalam rilisnya yang diterima sahabatrakyat.com, Kamis (19/11/2020), IPO menyebut pasangan dengan jargon TEGAS itu unggul dengan raihan 21,50 persen suara. Ini adalah pilihan responden yang dinyatakan secara terbuka dan spontan.

Menyusul suara TEGUH-NASIRWAN adalah Kopli-Fahrurrozi (12,25 persen), Armansyah-Masropen (12,00 persen) dan Dalhadi-Wawan (10,00 persen). Sementara yang belum memberikan jawaban sebanyak 44,25 persen.

Dengan pendekatan elektabilitas tertutup, pasangan TEGUH-NASIRWAN justru meraup suara lebih banyak, yakni 26,75 persen. Sementara tiga kandidat lainnya bersaing ketat di angka 14%-15%.

“Yang perlu menjadi perhatian adalah tingginya swing votter yang tersisa yakni sebesar 28,25 persen. Siapa pun masih berkesempatan menggarap suara yang masih mengambang,” kata Ahmad Muhaimin, M.Si dari IPO Institute.

Ahmad menjelaskan, jumlah responden dalam survei ini adalah 400 orang. Survei menggunakan metode stratified random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin error sekitar 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari 12 kecamatan dalam Kabupaten Lebong yang diambil secara proporsional. Mereka adalah WNI yang sudah berusia 17 tahun ke atas, dengan latar belakang yang beragam (pendidikan, suku, jenis kelamin, pekerjaan, dan penghasilan).

“Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Metode wawancara mendalam terstruktur,” jelas Ahmad. (**)