Tak Jera 3 Kali Dipenjara, Pria Ini Terekam CCTV Curi Kotak Amal Masjid

AE (30 tahun) tertunduk di teras kantor polisi usai digelandang petugas/Foto: Ist

KEPAHIANG, sahabatrakyat.com– AE (30 tahun), warga Kelurahan Padang Lekat, Kepahiang, rupanya tak jera berurusan dengan hukum. Bahkan sudah pernah tiga kali masuk penjara. Terbukti, ia kembali ditangkap polisi setelah tertangkap kamera pengintai atau CCTV mencuri kotak amal masjid.

Aksi pencurian itu terjadi pada Minggu (31/01/2021) lalu. Lokasinya di Masjid Husnul Khotimah Kelurahan Pasar Ujung, Kepahiang. Berdasarkan hasil penyelidikan, AE berhasil dibekuk aparat dari Satuan Resor Kriminal Polres Kepahiang pada Kamis (04/02/2021).

“Terduga pelaku AE merupakan seorang resedivis yang telah 3 kali menjalani hukuman,” terang Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu AKBP Suparman, S.IK, M.AP., melalui Kasat Reskrim IPTU Welliwanto Malau S.IK, MH, saat dikonfirmasi awak media siang hari kemarin Jumat (05/02/2021).

Terkait keberhasilan pengungkapan perkara yang sempat viral di media sosial karena aksi terduga pelaku yang terekam kamera pengawas (CCTV), Kasat Reskrim Polres Kepahiang secara tegas menyatakan kecepatan pengungkapan tak lepas dari adanya rekaman kamera saat pelaku beraksi.

“Sangat membantu kami dari kepolisian, khususnya tim penyidik apabila dalam suatu perkara pidana terdapat rekaman atau keterangan saksi,” tambahnya sembari menjelaskan pihaknya juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya uang sebesar Rp 80 ribu diduga sisa hasil pencurian.

Kecepatan pelaporan dari waktu kejadian, kata IPTU Welliwanto Malau juga sangat membantu upaya pengungkapan. Ia berharap langkah serupa bisa menjadi contoh bagi kasus-kasus yang lainnya.

“Kami harapkan dan mengimbau agar pelaku usaha dan masyarakat dapat melengkapi pengamanan internal dengan memasang kamera pengawas CCTV,” pungkas Malau didampingi Katim Elang Jupi Polres Kepahiang AIPDA Deni F.


Pewarta: Thio Heldo Suchen