Tiga Pasangan Ideal di Pilgub 2020 Versi Akademisi

PANJI SUMINAR

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Pengamat politik yang juga tenaga pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bengkulu Panji Suminar mengatakan tiga pasangan berikut ini merupakan kombinasi ideal dalam kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu 2020.

Pasangan itu adalah Rohidin Mersyah-Rosjonsyah; Helmi Hasan-Muslihan DS; dan Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi. “Tiga pasangan ideal untuk masuk ke kontestasi politik lokal. Cermati saja alur politiknya,” kata Panji di dinding facebook-nya yang diposting Sabtu dini hari (13/06/2020).

Namun ketika ditanya netizen siapa pasangan yang ia jagokan, Panji Suminar menjawab dengan kelakar. “Tiga pasangan kemungkinan menang masing-masing 33,33 persen he..he,” ujar Panji Suminar.

Restu Hanura ke Helmi

Soal Helmi dan Muslihan yang disebut-sebut bakal berpasangan itu tak ditampik Ketua Tim 5 Pemenangan Helmi Hasan, Dedi Yanto. “Pak Muslihan orang baik dan sudah berpengalaman. Beliau pernah bupati di dua kabupaten dan mantan TNI yang sangat sipil sekali,” ujarnya.

Hanya saja, tambah Dedi, kolaborasi PAN dan Hanura baru lima kursi. Belum cukup untuk mengusung pasangan calon. Karena itu, komunikasi dengan partai lainnya masih terus digencarkan.

Rohidin-Rosjonsyah

Soal duet Rohidin dan Rosjonsyah memang bukan kabar baru. Meski belum diputuskan, upaya agar pasangan ini final juga masih berlangsung.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Drs. Sumardi, MM mengatakan, Partai Golkar yang memiliki 7 kursi di DPRD Provinsi memang belum memutuskan secara resmi siapa bakal calon yang akan diusung dalam Pilgub nanti.

Hanya saja, ia mengakui dari peta perpolitikan saat ini yang berpotensi menjadi pasangan calon (paslon) bagi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi maju adalah Bupati Lebong Rosjonsyah.

“Insya Allah jika tidak ada perubahan, paslon yang diusung Golkar adalah Pak Rohidin Mersyah berpasangan dengan Rosjonsyah. Tapi kepastiannya tunggu saja keputusan DPP, terlebih petengahan bulan ini tahapan Pilkada serentak segera dimulai,” kata Sumardi, pada Rabu (3/6/2020) dikutip RRI Bengkulu.

Agusrin-Imron

Satu-satunya indikasi jika kedua nama ini, Agusrin M Najamudin dan Imron Rosyadi bakal duet adalah baliho yang menampilkan gambar keduanya yang sudah beredar di berbagai titik strategis di Provinsi Bengkulu. Termasuk banner yang beredar luas di media sosial.

Jika keduanya berpasangan, peta politik Pilgub Bengkulu memang akan sangat menarik. Agusrin adalah mantan gubernur dua periode–meski di periode kedua tak sampai tuntas. Sementara Imron adalah mantan bupati dua periode di Bengkulu Utara.

Mereka juga pernah jadi rival di Pilgub 2010. Saat itu Agusrin berpasangan dengan Junaidi Hamzah. Sementara Imron menggandeng Rosihan Trivianto.

Akankan tiga pasangan ini yang akan bertarung di Pilgub Bengkulu yang dijadwalkan 9 Desember 2020 nanti? Seperti kata Panji Suminar di atas, “Kita lihat saja alur politiknya.”


Penulis: Jean Freire