Tingkatkan Kapasitas, Pemdes Rama Agung Sosialisasi Hukum

Para narasumber sosialisasi hukum

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Dalam menjalankan roda pemerintahan desa dan melaksanakan fungsi pengawasan, setiap aparatur pemerintah desa dan BPD seyogyanya mengetahui dan memahami dasar hukum atau ketentuan-ketentuan perundang-undangan.

Agar hal itu bisa diwujudkan, maka sosialisasi tentang hukum terkait tugas dan fungsi pemerintah desa, BPD dan lainnya tentang Desa juga perlu diselenggarakan secara berkelanjutan dengan melibatkan pihak-pihak terkait yang berkompeten.

Narasumber dari Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara

Seperti yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Bengkulu Utara, yakni dengan Sosialisasi Hukum kepada Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dilaksanakan pada Jumat (22/10/2021).

Sosialisasi hukum ini bermaksud menguatkan pemahaman perangkat desa dan BPD dalam mengemban tugasnya masing-masing, terutama membantu kepala desa dalam menjalankan pemerintahan desa. Pengabdian masyarakat melalui sosialisasi hukum mengoptimalkan peran perangkat desa dan BPD.

Perangkat Desa dan BPD yang mengikuti sosialisasi hukum

Kepala Desa Rama Agung, Putu Suriade, mengatakan sosialisasi hukum kepada perangkat dan BPD dimaksudkan agar ke depan mereka memahami tugas pokoknya masing-masing sesuai dengan aturan yang ada.

“Sosialisasi hukum ini juga untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman hukum dalam menjalankan Pemerintahan Desa,” kata Putu Suriade.

Foto bersama narasumber dan peserta

Putu Suriade menandaskan, untuk mewujudkan desa yang lebih baik perlu sinergi serta pemahaman hukum agar apa yang dikerjakan Pemdes tidak diluar dasar hukumnya. “Kemajuan desa adalah tanggug jawab kita bersama,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Rama Agung, Yunas Kristian mengatakan kegiatan ini memiliki dampak yang positif bagi perangkat desa dan BPD dalam hal menjalankan tupoksinya di desa agar tidak menyalahi ketentuan atau hukum yang berlaku.

Kades dan Ketua BPD Desa Rama Agung

“Terutama hal paling urgen terkait dengan pengelolaan keuangan desa. Dengan adanya sosialisasi hukum yang disampaikan oleh narasumber dari Kejakasaan Negeri dan Polres, mengingatkan serta mengarahkan kepada kehati-hatian kita dalam bertindak, dalam menjalankan dana desa dengan sebaik-baiknya dan sesuai regulasi aturan yang ada,” tandas Yunas. (ADV/MS. FIRMAN)