Tipu Warga Kepahiang Pakai Madu, 2 Pria Cepak Ini Tertangkap di Riau

Dua tersangka kasus penipuan di Kepahiang saat diamankan petugas/Ist

KEPAHIANG, sahabatrakyat.com– SD (40 tahun) warga Kabupaten Pelalawan dan Ba (37 tahun) warga Kabupaten Aceh Tenggara tak bisa lagi berkutik. Petualangan kriminal keduanya dihentikan Tim Jupi Satreskrim Polres Kepahiang meski sudah berada jauh di Provinsi Riau.

Sebelumnya, mereka dilaporkan oleh seorang warga Kelurahan Kampung Pensiunan, Kecamatan Kepahiang. Pemilik warung manisan ini mengaku ditipu para tersangka dengan modus jual beli madu. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (18/03/2021) lalu.

Bagaimana ceritanya?

Salah seorang yang mengaku bernama DODI menjual madu kepada korban yang memiliki warung untuk dijual kembali dengan harga Rp 80 ribu per botol. Keesokan harinya, Sabtu (19/03/2021), datang yang lain dan menyatakan tertarik serta siap membeli madu seharga Rp110 ribu per botolnya.

Untuk lebih meyakinkan korban, pelaku kedua yang mengaku bernama DENI memesan madu sebanyak 2 jerigen ukuran 35 liter atau seharga Rp 23,4 juta dan saat itu juga mengirimkan uang sebesar Rp 5 juta kepada korban sebagai uang muka dan sisanya akan dibayarkan langsung kepada pelapor.

Tertarik, korban kemudian melakukan pemesanan madu kepada DODI dan membayar dengan uang sendiri karena berharap akan dibayar oleh pelaku DENI yang setelah pembayaran tersebut terjadi saat dihubungi nomor handphonenya sudah tidak aktif lagi.

Korban yang sudah membayar sebesar Rp 18,4 juta sadar sudah dikibuli para pelaku dan memilih melapor ke SPKT Polres Kepahiang yang kemudian ditindak lanjuti oleh Unit Pidum Sat Reskrim.

Berbekal hasil kegiatan penyelidikan kepolisian yang menunjukkan keberadaan terduga pelaku tindak pidana penipuan di Kabupaten Pelalawan, Polres Kepahiang pada hari Jumat (02/04/2021) yang lalu langsung menurunkan Tim yang berangkat dan menjalin komunikasi intensif dengan jajaran Polda Riau.

Hasilnya, Tim Opsnal Elang Jupi yang dikomandoi langsung Kasat Reskrim IPTU Welliwanto Malau, S.IK, MH, berkolaborasi dengan Sat Reskrim Polres Pelalawan dan Polsek Pangkalan Kerinci Polda Riau pada Sabtu (03/04/2021) pagi berhasil mengamankan kedua pria berpenampilan kepala cepak itu.

Kapolres Kepahiang AKBP Suparman, S.IK, M.AP didampingi Kasubag Humas AKP Panjaitan, Senin (5/4/2021), menerangkan kedua orang ini diamankan sebagai terduga pelaku penipuan yang terjadi pada Minggu tanggal 21 Maret yang lalu. (JF/rls)