Uji Swab Sendiri, Bengkulu Rekrut Relawan Covid-19

Herwan Antoni

BENGKULU, sahabatrakyat.com Seiring dengan terus meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Bengkulu, Kementerian Kesehatan RI dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat telah memberi rekomendasi kepada Bengkulu untuk bisa melakukan PCR atau uji Swab sendiri.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, persetujuan dari pusat itu akan ditindaklanjuti dalam pekan ini. Alat PCR yang hanya ada di BPOM juga akan digeser ke RSUD M Yunus.

“Alhamdullilah sudah direstui Bengkulu bisa lakukan tes Swab atau PCR sendiri. Regent PCR akan segera dikirim ke Bengkulu. Informasi lewat WA akan dikirimkan per 11-13 Mei,” ujar Herwan, Selasa (12/05).

Dengan demikian, kata Herwan, pihaknya juga akan membutuhkan tenaga operasionalnya. Jika operasionalnya nanti harus stand by selama 24 jam, maka direncanakan akan ada tiga tim yang disiapkan.

“Kalau satu shift butuh tiga orang, maka dalam sehari kita butuh 9 orang. Jadi bisa gantian agar tidak sampai kelelahan,” ujarnya.

Kata Herwan, saat ini sudah ada lima relawan yang bergabung untuk membantu Gugus Tugas Covid Bengkulu. Mereka relawan dari Persatuan Tenaga Analis Kesehatan Prov Bengkulu.

“Mereka bantu-bantu periksa kesehatan, dll dan akan dilatih cara ambil spesimen swab,” imbuh Herwan.

Selain untuk mengoperasikan alat PCR, kata Herwan, relawan untuk pelayanan di ruang karantina juga dibutuhkan. Baik dokter umum maupun perawat. Mereka akan bertugas melayani pasien yang diisolasi.

“Termasuk bertugas untuk memantau kondisi pasien yang menjalani isolasi. Jadi butuh dokter umum dan perawat,” katanya.

Selain itu, Gugus Tugas Covid juga membutuhkan tenaga medis pelapis kedua. Yakni untuk memback up petugas medis yang sudah bertugas selama ini.

Herwan menandaskan, mereka sudah mengajukan kebutuhan relawan itu masing-masing 20 perawat dan 20 tenaga analis.


Sumber: RRI (rri.co.id) |Editor: Jean Freire