Upacara Virtual, Kapolda Bengkulu Tetap Terapkan Prokes

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasilan secara virtual, Jumat (1/10)/Foto: Ist

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu Irjen. Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si., dan jajaran mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara virtual, Jumat (1/10/2021). Bertempat di ruang kerjanya, Kapolda terhubung langsung dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol Sudarno, S.Sos, MH menjelaskan upacara hari Kesaktian Pancasila ini merupakan gelaran setiap tahunnya untuk memperingati momen peristiwa G30S yang menewaskan para jenderal pada 1965 lalu. Sama seperti tahun sebelumnya, upacara dilakukan dengan sederhana mengingat situasi pandemi Covid-19.

Meski berlangsung secara virtual, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan. Selain mengikuti upacara dari ruang kerja masing-masing, peserta upacara juga tetap mengenakan masker saat upacara berlangsung.

“Upacara berlangsung khidmat dengan diikuti juga oleh personil Polda Bengkulu dari ruangannya masing-masing,” jelas Sudarno.

Upacara sendiri diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung Presiden Jokowi selaku inspektur upacara. Selanjutnya pembacaan ikrar untuk mengenang jasa pahlawan dan pejuang bangsa.

Pembacaan teks Pancasila diemban oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti. Kemudian dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar. (rls)