20 Hektar Sawah di Kota Baru Santan, Lebong, Terancam Gagal Panen

Jpeg
Hamparan sawah petani di Desa Kota Baru Santan, Kec. Pelabai, Lebong yang diserang hama tikus/foto vikter-sahabatrakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com-  Sekitar 20 hektar areal sawah di areal Air Dingin Desa Kota Baru Santan, Kecamatan Pelabai, Kabupaten Lebong, kini terancam gagal panen. Pasalnya, hamparan sawah yang sudah ditanami padi itu diserang hama tikus sejak dua pekan terakhir. Pemkab Lebong melalui dinas terkait diharapkan bisa memberikan perhatian agar gagal panen tidak benar-benar dirasakan petani.

Kepada sahabatrakyat.com, baru-baru ini (12/2/2017), Kasrawati, seorang petani yang sawahnya terkena serangan hama tikus mengatakan, ”Serangan hama tikus yang menyerang persawahan kami itu sangat merugikan kami para petani karena serangan hama tikus ini cukup menghawatirkan karena dalam waktu dua malam saja serangan hama tikus bisa menghabiskan 1 petak/piring sawah kami para petani, kami para petani sudah melakukan berbagai upaya namun tetap saja tidak bisa mengurangi serangan hama tikus itu.”

Padi di area persawahan para petani tergolong subur, dan serangan hama tikus itu merupakan pukulan telak bagi petani karena bisa menyebabkan kerugian bagi petani yang telah bersusah payah merawat padi yang ada di persawahan mereka, padi yang di serang oleh hama tikus itu telah berumur sekitar 2 bulan yang dalam keadaan masa pertumbuhan yang ideal.

Riza yang sawahnya juga terkena hama tikus menambahkan, ”Hama tikus yang menyerang persawahan kami itu sangat susah dikendalikan. Jika ini dibiarkan maka akan menyebabkan kami para petani akan terancam gagal panen, kami para petani sangat berharap agar ada bantuan dari pihak terkait untuk menangani serangan hama tikus yang menyerang area persawahan kami.” (Vikter Sanjaya)