60 Ribuan Bibit Pala Mulai Dibagikan

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lebong menyiapkan 60.500 bibit pala untuk masyarakat Lebong/foto.eko.srb.doc
Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lebong menyiapkan 60.500 bibit pala untuk masyarakat Lebong/foto.eko.srb.doc

LEBONG– Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong, Selasa (30/8/2016) mulai merealisasikan program rehabilitasi lahan berupa pengadaan bibit Pala. Tahun ini Dishutbun menyiapkan 60.500 bibit Pala untuk 35 desa.

“Desa yang diutamakan menerima bantuan bibit pala ini adalah desa yang mengajukan usulan saat kegiatan Musrembang. Ditambah desa yang sebelumnya sudah mengajukan proposal,” jelas Kepala Dishutbun Kabupaten Lebong Fakhrurrazi, S.Sos, M.Si melalui Kasubid Rehabilitasi Nasip Iriadi S.Hut.

Menurut Nasip, bantuan pala sudah disalurkan bagi enam desa. Yaitu Desa Talang Kerinci dan Desa Karang Dapo Atas Kecamatan Bingin Kuning masing-masing untuk 1 kelompok. Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis 1 kelompok, Desa Paya Embik Kecamatan Amen 2 kelompok, Desa Tabeak Blau 1 Kecamatan Lebong Atas 2 kelompok dan Desa Gandung Baru Kecamatan Lebong Utara, satu kelompok.

Kata Nasip, jenis pala yang diberikan adalah varietas Ternate I unggulan berlabel biru, tinggi bibit antara 40-67 cm. Bibit ini punya keunggulan dibanding jenis lokal, di antaranya jumlah produksi buah yang lebih banyak dan waktu panen yang lebih singkat yaitu antara 5-6 tahun.

“Kita berharap bibit ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat 4-5 tahun ke depan. Apalagi kita juga sudah minta kepala desa maupun kelompok penerima untuk terlebih dahulu membuat surat pernyataan yang intinya tidak menjual bantuan yang sudah diberikan, ” tandas Nasip. (cw3)