8 PNS Terancam Batal Maju Pilkades, Pasalnya….

Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi
Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi

LEBONG, sahabatrakyat.com- Masa pendaftaran bagi bakal calon kepala desa yang ingin maju dalam Pilkades Serentak akan ditutup pada 12 November 2016. Namun hingga H-2 penutupan pendaftaran, 8 PNS yang berniat maju belum juga mendapatkan izin cuti yang menjadi salah satu syarat untuk mendaftar sebagai peserta Pilkades di desanya masing-masing.

Hal ini sesuai dengan Pasal 47 ayat 1 Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak, yang menyebutkan bahwa PNS yang mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa harus mendapatkan izin tertulis dari Bupati.

Bupati Lebong H. Rosjonsyah, S.Ip, M.Si yang dikonfirmasi terkait hal ini mengaku belum menerima surat permohonan cuti dari PNS yang ingin maju sebagai bakal calon kepala desa. “Belum ada saya terima (permohonan izin cuti, red), ” ujar Bupati yang ditemui usai pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi pembangunan Kabupaten Lebong di Bappeda Kamis (10/11/2016).

Bupati Rosjonsyah menjelaskan, sebelum memberikan izin cuti, ia akan terlebih dahulu melakukan evaluasi. Khususnya terkait jabatan PNS yang mengajukan izin cuti itu. Jika jabatan PNS tersebut dinilai vital dan masih dibutuhkan, maka ia memastikan tidak akan memberikan izin cuti tersebut.

“Belum tentu diberikan izin. Kita lihat dulu jabatannya. Jika PNS tersebut saat ini memegang jabatan yang signifikan, artinya PNS tersebut masih dibutuhkan oleh Pemda Lebong. Namun bila jabatan PNS tersebut tidak begitu vital, saya akan berikan izin,” jelas Rosjonsyah.

Untuk diketahui, sebelumnya 8 PNS sudah mengajukan permohonan izin cuti ke bagian pemerintahan Setdakab Kabupaten Lebong. Surat permohoanan cuti tersebut selanjutnya dilimpahkan dan sudah diterima oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pada Rabu (9/11). Baru tahapan selanjutnya BKD menaikkan surat tersebut ke Bupati Lebong untuk meminta persetujuan. (cw3)