Ada Dugaan Pungli, Tapi Belum Punya Bukti? Laporkan Saja Dulu!

ilustrasi

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Sejak dibentuk beberapa waktu lalu, keberadaan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Bengkulu Utara, tampaknya belum begitu populer di masyarakat.
Terbukti, hingga kini belum ada laporan yang masuk ke Tim Saber Pungli sehingga bisa ditindaklanjuti.
Terkait kondisi itu, Ketua Tim Saber Pungli Bengkulu Utara Kompol Eko Sisbiantoro, SIK mengatakan, pelaporan (awal) dugaan pungli oleh masyarakat atau siapa pun tak mesti disertai dengan bukti-bukti yang menguatkan–sebagaimana lazimnya pelaporan dugaan tindak pidana korupsi.
“Bagi siapapun yang menemukan atau menduga adanya indikasi praktek pungli, dipersilahkan agar melapor ke Sekretariat Saber Pungli agar dapat ditindaklanjuti. Tanpa harus disertai dengan bukti kuat,” kata Eko, baru-baru ini (7/3/2017) ditemui sahabatrakyat.com di ruang kerjanya.
Wakapolres Bengkulu Utara itu menambahkan, laporan yang masuk akan dipelajari dan diproses oleh tim intel Saber Pungli. Hasilnya, kata dia, akan menjadi dasar untuk melakukan penangkapan dan pencegahan.
Bagi calon pelapor atau siapa saja, silakan ke Sekretariat Saber Pungli yang masih menumpang di Kantor Inspektorat Kabupaten BU, untuk mendapatkan tanggapan serta penjelasan lebih lanjut.
“Silahkan datang ke kantor Inspektorat jika ingin lebih jauh mengetahui tugas pokok dan fungsi Satgas yang dibentuk oleh pemerintah pusat ini,” imbuhnya.
Eko menegaskan, pihaknya tegas dalam upaya mencegah dan memberantas praktik pungli. “Kita tidak akan tebang pilih dalam memberantas pungli. Masyarakat yang melapor akan kami lindungi,” ujarnya.
Untuk laporan sendiri, jelasnya, Tim Saber sudah punya trik sendiri untuk membongkar praktek pungli hingga ke akarnya. Hal ini dilakukan agar para pelaku yang berani bermain praktek ini jera. “Sehingga dapat menjadi contoh dan pembelajaran bagi yang lain,” tutupnya. (MS Firman)