Kepala DLH BU saat memberikan arahan sebelum aksi bersih/foto firman-sahabatrakyat.com
Kepala DLH BU saat memberikan arahan sebelum aksi bersih/foto firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Dalam rangka memperingati Hari Aksi Bebas Sampah Nasional (HABN) Tahun 2017, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Selasa (21/2/2017), menggelar aksi bersih sampah di terminal dan wilayah Pasar Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur.

Kepala DLH Bengkulu Utara, Akmaludin, dalam sambutannya, mengajak masyarakat agar meningkatkan kesadaran betapa buruknya dampak sampah di lingkungan sekitar. Di sisi lain, dampak positif bila lingkungan bersih juga sangat besar untuk menciptakan hidup sehat.

Selain itu, dengan menjaga lingkungan bersih, ia berharap Kabupaten Bengkulu Utara bisa meraih Piala Adipura sebagai salah satu wujud prestasi daerah di bidang lingkungan. “Mari menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dari rumah sendiri, perkantoran dan lingkungan sekitar. Jika semuanya bersih kita optimis bisa mendapatkan penghargaan Adipura,” katanya.

Kata Akmaludin, Dinas Lingkungan Hidup menurunkan pasukan kebersihan sebanyak 100 orang untuk membersihkan sampah di seputaran Pasar Purwodadi. Petugas itu akan dibantu oleh Satpol PP untuk menertibkan pedagang yang masih membandel.

“Kami nilai masih banyak yang tidak mematuhi aturan dari pengelolah pasar untuk itu dari dinas perdagangan juga ikut menertibkan para pedagang yang berjualan di badan jalan akses keluar masuknya pasar,” kata Akmaludin. (MS Firman)